Lautan Sampah Cibangkong Mulai Dapat Sentuhan

JURNALPOSMEDIA.COM –  Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung yang dibantu oleh pasukan Gorong-gorong (Gober) mulai membersihkan lautan sampah di Kelurahan Cibangkong, Batununggal, Bandung, Kamis (6/7). Tumpukan sampah di sini tergolong sebagai Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar, dan menjadi permasalahan warga setidaknya sejak 10 tahun terakhir.

Menurut Kepala Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Ahmad Salman Fauzi, dirinya  akan fokus untuk menindaklanjuti permasalahan ini. “Tentunya kami akan membersihkan sampah-sampah ini terlebih dahulu,” katanya saat ditemui di lokasi.

Salman Fauzi juga mengaku sudah menyiapkan beberapa kontainer dan triseda dari PD Kebersihan, sehingga ini menujukkan keseriusan pihak DLHK dalam menangani sampah di Kelurahan Cibangkong.

“Kita sudah menyepakati hal ini sejak rapat informal kemarin dengan petugas terkait, pembuangan sampah sendiri di buang di TPS yang tersebar di Kelurahan ini, insyaallah hal-hal teknis seperti itu bisa kita selesaikan untuk sekarang,” tambahnya.

Setelah TPS liar tersebut dibersihkan, langkah selanjutnya Salman Fauzi bersama lurah dan kecamatan setempat akan mengawasi tempat tersebut dengan mengerahkan beberapa Linmas dan Satpol PP. “Hal ini agar masyarakat tidak mengulangi kesalahan yang sama, dan ada sanksi yang diberikan bagi warga yang melanggar, karena ini melanggar Pasal Perda K3,” ujarnya.

DLHK akan mengupayakan lahan tersebut agar menjadi produktif bagi masyarakat sekitar. Meskipun lahan lahan itu bukan milik pemerintah.

Sementara itu, tenggat waktu rampungnya pembersihan TPS liar ini belum bisa dipastikan, tetapi Salman Fauzi berkomitmen untuk terus fokus menangani persoalan ini. “Tidak semudah membalikkan telapak tangan membersihkan lautan sampah ini, maka dari itu kami juga membutuhkan dukungan serta peran masyarakat sekitar,” harapnya.

Menanggapi hal ini, salah seorang warga sekitar, Aris, mengaku akan siap membantu pihak DLHK, dengan cara mengimbau kepada masyarakat Kelurahan Cibangkong untuk menjaga lingkungan agar TPS liar tak terulang lagi.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.