Langkah Aman Sebelum Tinggalkan Indekos dalam Waktu Lama

JURNALPOSMEDIA.COM – Tak disangka tak dinyana, siapa yang mengira jika waktu perkuliahan daring akan diperpanjang? Mulanya hanya sekitar 2 pekan, kini hampir berbulan-bulan. Tak heran, banyak mahasiswa yang meninggalkan indekos tanpa banyak berbenah terlebih dahulu.

Bayangan kamar indekos yang tidak terawat selama berbulan-bulan pun menghantui mahasiswa yang kini mayoritas menjalani perkuliahan daring di rumah masing-masing. Maka sebelum meninggalkan indekos, yuk perhatikan terlebih dahulu tips dari Jurnalposmedia bagi mahasiswa, agar tenang saat meninggalkan indekos dalam waktu yang lama.

Bersihkan Kamar

Mengingat indekos akan kosong dalam waktu lama, tak ada salahnya kamu membersihkan terlebih dahulu setiap sudut di indekos. Seperti dengan menyapu, mengepel, mengosongkan tempat sampah, dan membersihkan setiap sudut bagian atas kamar.

Jangan sampai langit-langit kamar menjadi hunian nyaman laba-laba. Pastikan juga untuk tidak meninggalkan sampah yang dapat mengundang semut, kecoa dan hewan kecil lainnya untuk bersarang. Juga, sebelum pulang, jangan sampai kamu membiarkan makanan yang mudah basi tertinggal di indekos.

Kosongkan Bak Mandi

Kosongkan bak, ember, atau tempat penampungan air lainnya untuk mencegah perkembangbiakan jentik nyamuk. Teruntuk ember atau tempat penampungan air yang memiliki tutup dan ingin tetap terisi air, maka tutup dengan rapat.

Pastikan juga keran air sudah ditutup sekencang mungkin hingga tidak ada lagi air yang menetes agar kamar mandimu tetap kering saat ditinggal.

Amankan Barang Berharga dan Mudah Berdebu

Pastikan semua barang berharga yang kamu miliki telah disimpan dengan aman. Atau, jika memungkinkan lebih baik dibawa pulang sekalian, agar kamu tidak perlu khawatir dan siapa tahu kamu akan membutuhkan barang tersebut saat di rumah.

Tak hanya barang berharga, barang yang mudah berdebu pun perlu kamu simpan dengan baik. Seperti boneka, bantal, guling dan selimut dengan memasukkannya ke dalam wadah plastik besar agar tidak mudah kotor. Pastinya lebih baik lagi setelah dicuci terlebih dahulu, ya.

Matikan Listrik

Ini penting! Pastikan kamu telah mencabut semua benda yang terhubung dengan aliran listrik. Cek berulang-ulang agar tidak ada satupun yang kelupaan.

Kunci Pintu dan Jendela

Ini salah satu hal terpenting yang jangan sampai terlewat. Selalu pastikan pintu dan jendela sudah tertutup rapat dan terkunci, kemudian jangan lupa untuk membawa kuncinya.

Jangan sampai tertinggal atau masih tergantung di pintu karena terlalu buru-buru. Untuk itu, sebaiknya kamu juga harus sudah beres-beres serta melakukan packing barang yang mau dibawa pulang jauh-jauh hari atau minimal H-1 sebelum pulang.

Nah, itulah beberapa tips dari Jurnalposmedia yang bisa kamu lakukan sebelum meninggalkan kamar indekos dalam waktu lama. Saat nanti kamu kembali, kamu tidak akan kaget karena hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi pada kamar indekos kesayanganmu.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.