Kuliner Khas Bogor

JURNALPOS—Masih tentang Bogor, jika sebelumnya kita telah membahas berbagai tempat wisata yang ada di Bogor baik itu tempat bersejarah, wisata alam hingga tempat dengan beraneka ragam wahana. Kali ini kita akan membahas berbagai macam oleh-oleh khas Kota Bogor. Selain dikenal dengan keindahan alamnya, Bogor juga memiliki sederet kuliner lezat yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Bogor, selain terkenal dengan sebutan Kota Hujan ternyata juga dikenal sebagai salah satu kota wisata kuliner di Indonesia. Dengan berbagai suguhan,nyaris tidak sulit menemukan jajanan khas Kota Hujan ini, di sepanjang jalan Padjajaran kita dapat menemukan toko-toko yang menawarkan jajanan khas Bogor yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Berikut adalah ringkasan kuliner khas Bogor yang dapat dijadikan oleh-oleh.

  1. Roti Unyil Venus

Ketika mendengar kata Roti Unyil yang terlintas dalam pikiran Anda mungkin roti dengan ukuran kecil. Roti unyil ini memang memiliki ukuran minimalis dengan cita rasa yang tinggi. Roti Unyil Venus dapat ditemukan disekitar Jalan Padjajaran, Komplek V point 1.Kios roti ini menyediakan roti unyil dalam beragam varian rasa. Rasa yang ditawarkan cukup beragam diantaranya adalah fla jagung, sosis keju, pisang keju,fla cokelat, abon, srikaya, dan lain-lain.

  1. Bolu Lapis Sangkuriang

Bolu Lapis Sangkuriang adalah bolu yang terbuat dari Talas. Bolu ini disebut sebagai terobosan atau cara baru untukmenikmati talas Bogor. Terdiri dari dua warna yaitu kuning dan ungu dengan berbagai topping yang dapat anda pilih seperti keju, chocochip hingga rainbow chip.

 

  1. Macaroni Panggang Bogor

Resto Macaroni Panggang menjadi salah satu tempat wisata kuliner favorit di Bogor saat ini. Berlokasi di kawasan Taman Kencana, lokasi ini cukup mudah di akses para wisatawan. Cara penyajiannya hampir mirip dengan macaroni schotel, namun macaroni panggang memiliki tekstur lebih garing diluar dan lembut didalam. Selain itu ditambah dengan parutan keju yang terbakar kering dipadu dengan isian macaroni, daging dan keju. Tersedia dalam tiga ukuran yaitu small, medium dan large.

4.      Pia Apple Pie
 

Bagi warga asli Bogor Pia Apple Pie sepertinya sudah tidak asing lagi didengar karena jajanan khas Bogor yang satu ini sudah cukup populer . Namun bagi anda para pencinta kuliner yang belum tahu dan ingin menikmati, Pia Apple Pie dapat anda jumpai di sebuah restoran yang terletak di Jalan Pangrango Nomor 10.

 
5.      Kacang Bogor Istana

Kacang Bogor berbeda dengan kacang tanah, kacang kedelai atau kacang-kacang lainnya.Kacang ini berbentuk bulat dan dalamnya berwarna ungu. Anda akan lebih mudah menemukannya pada bulan Februari hingga April karena banyak para pedagang yang menjajakan Kacang Bogor rebus. Namun saat ini kacang Bogor tidak hanya disajikan dengan direbus saja melainkan juga dapat disajikan lebih garing dan tahan lama dengan kemasan Kacang Bogor Istana sehingga dapat dijadikan oleh-oleh dan dibawa pulang.

 
6.      Asinan Sedap Gedung Dalam

Asinan memang sudah sangat lekat dengan kuliner khas Kota Bogor, meskipun saat ini asinan sudah banyak ditemukan di kota-kota lainnya, namun asinan Bogor tetap memiliki khas tersendiri ditambah lagi jika dinikmati langsung di Bogor. Bagi anda yang ingin mencicipi asinan asli khas Bogor, anda dapat mendatangi Asinan Sedap Gedung Dalam di Jalan Siliwangi No. 27C atau di Jalan Padjajaran No. 1 Komplek Ruko V, Bogor.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.