KPMJ Ilkom Masuki Periode Baru

JURNALPOSMEDIA.COM-Setelah melalui berbagai tahap rekrutmen, Korps Protokoler Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (KPMJ Ilkom) angkatan 3 terbentuk sekaligus telah melalui pelantikan. Diselenggarakan di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi lantai 3, Rabu (6/11/2019).

Di awali dengan pengisian Google Form dan pengumpulan beberapa berkas untuk pendaftaran pertama, disusul dengan sharing season, dilanjut tes tulis. Lalu, terakhir interview dengan dosen dan pengurus KPMJ sebelumnya.

Pelantikan dihadiri oleh Pembina KPMJ, Darajat Wibawa, lalu Ketua Prodi Jurnalistik, Enjang Muhaemin. Juga, Ketua Prodi Humas, Dyah Rahmi Astuti, dan jajaran pengurus Ilmu Komunikasi.

Menurut Darajat, dengan adanya KPMJ sendiri sebagai kepanjangan tangan dari pengurus jurusan terutama yang berkaitan dengan aktivitas-aktivitas. Adapun untuk memberikan nilai tambah terhadap kegiatan pokok dari jurusan ilmu komunikasi.

“KPMJ menjadi perwakilan dari keseluruhan mahasiswa ilmu komunikasi. Fungsinya sebagai sosok yang mencermin bagaimana mahasiswa jurnalistik dan humas itu,” tuturnya.

Dari hampir 50 orang pendaftar, kuota yang disediakan berjumlah 19 orang. Pendaftar harus mempunyai kriteria yang sesuai dengan tupoksi dan visi misi KPMJ Ilkom. Pada tahap pendaftaran mereka di uji dengan berbagai pengetahuan. Dimulai dari bahasa, universitas, fakultas, dan kejurusan nya.

Kegiatan open recruitment ini tidak memiliki tema khusus, menurut Ketua Pelaksana, Via Amalia, mengatakan tema open recruitment untuk menjadikan KPMJ ini lebih baik, lebih berintegritas.

“Juga bisa terus menjunjung tinggi citra jurusan ilmu komunikasi,” ungkapnya kepada Jurnalposmedia saat acara pelantikan selesai, Rabu (6/11/2019).

Salah satu peserta KPMJ Ilkom yang lolos, Afriliana, ia menjadi satu diantara 19 orang yang terpilih. Ia senang dan bangga bisa mnejadi bagian dari KPMJ Ilkom UIN Bandung. “Di KPMJ 3 ini saya akan berkontribusi untuk ikut menyukseskan setiap kegiatan yang diadakan dan berusaha menjaga nama baik KPMJ Ilkom,” katanya.

Setelah pelantikan ada beberapa pelatihan yang akan dilaksanakan, seperti yang dikatakan Darajat, agenda terdekat ialah pelatihan. Alasannya, karena pelatihan yang beragam. Dimulai dari pelatihan menulis, pelatiahan presenting, ada pelatihan MC, ada pelatihan beautyclass

Melalui sambutan di pelantikan KPMJ Darajat menyampaikan harapan untuk angkatan ketiga tersebut. Yakni, agar bisa membawa ke iccomacs kedua, juga menjalankan tupoksi KPMJ dengan baik ke depannya. Pun mengubah adanya pandangan miring terhadap jurusan komunikasi yg jauh dari nilai keislaman.

“Maka kita coba mematahkan pandangan itu bahwa tidak semua benar,” tutupnya.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.