Komunitas Aquatic Plants, Seni Menata Aquarium

JURNALPOSMEDIA.COM-Sebuah hobi dengan wujud kesenian memilki keanekaragamannya tersendiri. Salah satunya yakni seni menata tanaman air tawar, yang merupakan sebuah wadah berupa komunitas untuk di salurkan. Seni ini disebut dengan aquascape, juga memerlukan waktu dan dana untuk memenuhi kebutuhan di dalam seni ini.

Komunitas Aquatic Plants Bandung yang berdiri sejak tahun 2012. Memiliki anggota di grup facebook sekitar 20.000 anggota dan anggota yang aktif sekitar 30 orang. Komunitas ini dibentuk karena memiliki minat yang sama dalam seni menata aquarium.

Menurut Anggota Aquatic Plants Bandung, Izul Rebel mengatakan bahwa dirinya berawal menyukai seni ini dari seorang Youtuber Jepang yaitu Takashi Amano tentang aquascape. Lalu, ia tertarik dan akhirnya mengikuti komunitas ini.

“Tujuan masuk komunitas ini untuk menjalin silahturahmi, menambah ilmu, dan juga dapat teman dan relasi,” ujar Izul.

Kegiatan yang sering dilakukan oleh komunitas ini adalah seperti gathering, kumpul sambil ngopi berbagi ilmu tentang tanaman air, atau mengadakan event, dan mengadakan acara sosial lainnya. Cara untuk bergabung di komunitas ini langsung saja melalui media sosial yakni facebook: Komunitas Pecinta Aquarium dan Aquascape Bandung.

Komunitas ini terkadang mendapatkan kejuaran champion dalam seni menghias aquarium. Komunitas ini juga memiliki sosial media seperti di Facebook Komunitas Pecinta Aquarium dan Aquascape Bandung dan Youtube di The Aquatic Freak.

 

Penulis merupakan mahasiswa semester 7 Jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Bandung. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.