Kepergian Ciputra, Sosok Besar di Balik Perekonomian Indonesia

JURNALPOSMEDIA.COMBaru-baru ini Indonesia kehilangan salah satu sosok yang sangat dikenal dalam bidang properti tanah air. Tak lain yaitu Ciputra, atau yang biasa disapa Pak Ci dengan nama lengkap Tjie Tjin Hoan. Ia meninggal Rabu, (27/11/2019) kemarin di usianya yang ke- 88. Beliau adalah seorang insinyur yang merupakan lulusan ITB jurusan arsitektur. Sebelum ia menyelesaikan kuliahnya, ia sudah merintis karier sebagai konsultan arsitek bersama dengan kedua temannya, Ismail Sofyan dan Budi Brasali. Hingga saat ini masih bertahan yaitu PT Perentjana Djaja.

Pak Ci sangat dikenal dengan berbagai perusahaan yang ia besarkan, seperti Jaya Group, Metropolitan Group, Ciputra Group, Pondok Indah Group, dan Jaya Ancol. Selain merintis di bidang properti, ia juga seorang filantropis yang sangat peduli pada pendidikan terutama entrepreneur dan kewirausahaan. Karena kepeduliannya ia membangun sebuah sekolah khusus entrepreneur dan sebuah Universitas Ciputra. Pak Ci merupakan salah satu pendiri asosiasi properti terbesar di Indonesia, yaitu Real Estate Indonesia (REI).

Menilik masa kecil Pak Ci, ia menikmati masa kecil hingga remaja nya di Parigi, Sulawesi Tengah. Sebelum menikmati kesuksesannya semasa hidup, ia pernah mengalami berbagai kesulitan. Apalagi semenjak ia berumur 12 tahun, ayahnya menghilang ditangkap oleh pasukan karena dianggap mata-mata Jepang pada tahun 1944. Tetapi ia berusaha untuk tetap menjalani hidupnya dengan baik. Ia lulus SD di usia 16 tahun dan melanjutkan pendidikannya ke SMP dan SMA Frater Don Bosco di Manado, Sulawesi Utara.

Atas wafatnya mendiang Ciputra, dari keluarga hingga pejabat Indonesia yang mengungkap duka cita dan rasa kehilangan sebesar-besarnya. Dilansir dari kompas.com, Mochtar Riady yang merupakan pendiri Lippo Group memandang Ciputra sebagai sosok yang telah berkontribusi banyak terhadap perekonomian Indonesia. Rina, anak dari mendiang Pak Ci, melihat sang Ayah adalah sosok sederhana yang bisa menjadi motivator bagi banyak orang dari kerja keras, dan sikapnya yang jarang mengeluh.

Pihak keluarga memutuskan untuk mempersiapkan rumah duka di Kuningan, Jakarta Selatan dan jenazah dikebumikan di Jonggol, Bogor, Jawa Barat, Kamis 5 Desember 2019. Rumah duka untuk sosok Ciputra pun akan dibuka untuk umum.

 

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.