Kenapa Sulit Sekali Memulai Berwirausaha? Ini Jawabannya

JURNALPOSMEDIA.COM– Kegelisahan ini biasanya datang kepada para mahasiswa yang mulai memikirkan uang tambahan selain dari menunggu kiriman orang tua setiap bulannya. Apalagi saat liburan panjang tiba, uang jajan dari orang tua mulai menipis.  Akhirnya, pemikiran untuk menjalankan bisnis pun muncul sebagai jawaban dari kegelisahan tadi. Namun banyak di antara mereka yang sulit untuk memulainya. Mengapa hal tersebut terjadi?.

Pertama, niat yang setengah-setengah. Melakukan sesuatu secara tidak maksimal akan membuat hasilnya pun tidak maksimal bahkan berhenti ditengah jalan. Padahal niat yang kuat dapat menjadi sebuah ‘penopang’ untuk tetap konsisten dalam berwirausaha.

Kedua, memiliki rasa malu yang tinggi. Seorang calon wirausaha yang memiliki rasa malu tinggi akan sulit untuk memulai berwirausaha. Mereka akan selalu akan memikirkan penilaian orang lain terhadap dirinya.

Ketiga, bingung harus memulai dari mana.  Tidak ada arahan dibarengi dengan minimnya pengetahuan tentang bisnis dijadikan calon wirausaha sebagai alasan untuk tidak memulai bisnis. Padahal informasi seputar bisnis dapat dicari di buku-buku yang mengulas seputar entrepreneursihip maupun referensi dari internet.

Keempat, terlalu banyak merencanakan dan berangan-angan daripada melakukan aksi nyata.  Tidak ada salahnya merencanakan dengan matang sebuah usaha yang akan dijalankan. Namun jika hanya perencanaan saja dan tidak melakukan sesuatu apapun untuk mewujudkannya. Perencanaan itu akan menjadi angan-angan belaka. Just Do It!

Kelima, takut akan kegagalan yang mungkin terjadi saat menjalankan wirausaha.  Kegagalan di setiap usaha itu pasti terjadi sebagai sebuah pembelajaran. Hal ini mungkin terdengar  sedikit kuno. Namun ketakutan tersebutlah yang menjadi penghambat besar untuk memulai berwirausaha.

Jadi, kapan kamu akan memulai berwirausaha?

Leave A Reply

Your email address will not be published.