Jurnalistik UIN Bandung Adakan PDKT 2020 Secara Daring

JURNALPOSMEDIA.COM – Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurnalistik UIN Bandung kembali menggelar Pelatihan Dasar Kepemimpinan Terstruktur (PDKT). Tahun ini, acara dilaksanakan secara daring dan berlangsung satu hari melalui aplikasi video conference Zoom meeting, Sabtu (5/9/2020).

PDKT kali ini mengusung tema “Membangun Jiwa Kepemimpinan dalam Semangat Kebersamaan”. Tujuan utamanya yakni melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa baru Jurnalistik sebelum nantinya memasuki organisasi yang terstruktur. Acara yang berlangsung selama 6 jam itu diisi dengan pemaparan materi mengenai problem solving serta sharing bersama para alumni Jurnalistik.

Sayangnya, rangkaian kegiatan PDKT tahun ini banyak yang harus dipangkas karena dilakukan secara daring.  Ketua bidang acara PDKT 2020, Wanda Ezaputra Imeeda mengaku kaget akibat peralihan teknis dari luring ke daring.

“Kami dari bidang acara sempat bingung karena pelaksanaan PDKT tahun ini dilakukan secara daring. Ini berimbas pada teknis dan konsepan acara yang diubah total dari yang telah direncanakan. Rangkaiannya pun harus dikurangi agar lebih efektif,” tutur Wanda, Sabtu (5/9/2020)

Presiden Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung, Ahmad Sopian Nurmawan atau kerap disapa Ahmed merasa bangga dan mengapresiasi Hima Jurnalistik serta panitia pelaksana atas terlaksananya PDKT tahun ini.  Ia menuturkan bahwa pelaksanaan PDKT secara online kali ini memiliki sisi positif dan negatif.

“(Sisi) positifnya (yaitu) Hima tetap menjaga roda kepengurusan dengan menjaga program tetap berlajan. (Adapun) sisi negatifnya yakni rangkaian acara menjadi kurang optimal karena ada beberapa materi yang dikurangi,” ungkap Ahmed

Ia juga mengatakan bahwa acara sharing dengan alumni menjadi kurang fleksibel karena tidak bertatap muka secara langsung. Walau begitu, Ia berharap agar peserta PDKT 2020 dapat memahami materi yang telah disampaikan serta mengaplikasikannya dalam kepengurusan Hima Jurnalistik berikutnya.

“Semoga bisa tersampaikan esensi dan niat baik dari panitia untuk para peserta,” tutupnya.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.