JGTS: Eksplor Minat dan Bakat Pelajar dalam Kejurnalistikan

JURNALPOSMEDIA.COM – Bidang Pers Hima Jurnalistik kembali mengadakan kegiatan Jurnalistik Goes To School (JGTS) bertajuk “Explore Your Journalism”. Kegiatan ini berbeda dari tahun sebelumnya karena diadakan secara daring melalui perantara konferensi Zoom pada Kamis (25/02/2021).

Adapun JGTS merupakan kegiatan tahunan yang menjadi ajang bagi siswa SMP dan SMA untuk menelaah dan memperdalam minat mereka. Khususnya dalam bidang kejurnalistikan sebelum memasuki dunia perkuliahan.

Ketua Pelaksana, Ahmad Baihaqi dalam sambutannya, mengatakan bahwa dilaksanakan secara daring ia berharap antusias peserta tetap tinggi.

“Walaupun JGTS tahun ini diadakan secara daring, semoga tidak mengurangi antusias teman-teman dalam mengambil berbagai pelajaran yang ada disini,” ungkap Ahmad.

Acara diisi oleh beberapa pemateri seperti Presiden Mahasiswa Jurusan Jurnalistik Ahmad Sofian Nurmawan yang membawakan materi terkait Himpunan Mahasiswa, Ketua Prodi Enjang Muhaemin dengan materi terkait jurusan, Kavin Faza dengan materi fotografi jurnalistik, dan juga Bigdado Firmansyah dengan materi broadcasting.

“Menjadi seorang jurnalis bukan sekedar profesi, tapi juga merupakan gaya hidup,” ujar Bigdago saat penyampaian materi.

Tidak terbatas pada siswa SMP dan SMA yang berdomisili di daerah Bandung. Peserta pun hadir dari berbagai kota di Indonesia, salah satunya adalah seorang siswi yang berasal dari Ambon.

Pokok penting dari acara JGTS ini adalah mempersiapkan dan mematangkan siswa-siswi yang mempunyai minat dan bakat dalam bidang jurnalisme. Sesuai dengan temanya, para peserta pun diharuskan untuk ikut andil dan berpartisipasi aktif dalam acara tersebut.

Acara ini juga diselingi dengan beberapa games dan doorprize untuk mengasah kemampuan peserta agar lebih tajam dalam bidang-bidang kejurnalistikan. Seperti pembuatan caption untuk foto jurnalisme, pembacaan naskah reporter, dan juga sambung kata.

Ahmad berharap kegiatan JGTS ini dapat memperkenalkan kejurnalistikan secara lebih dalam kepada siswa-siswi SMP dan SMA. Agar mereka dapat mempersiapkan diri dengan matang. Serta dapat memahami berbagai hal terkait dengan kejurnalistikan.

“Dengan ini saya harap mereka siap dan dapat mengeksplor bidang-bidang kejurnalistikan,” pungkas Ahmad.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.