Jelang Ramadhan Harga Sembako Naik

Jurnalposmedia.com — Tiga pekan jelang Ramadhan harga sembako mengalami kenaikan dibeberapa wilayah, salah satunya di Pasar Gede Bage, Bandung, Senin (08/05/2017). Harga bahan pokok yang mengalami kenaikan seperti bawang putih dan cabai.

“Jelang puasa harga semuanya selalu naik, bahkan jika stok barang langka maka akan semakin naik,” Ujar salah seorang pedagang Sri (60) saat ditemui di kiosnya.

Sri mengatakan harga bawang putih mengalami kenaikan hingga Rp 15.000/kg. Tidak hanya bawang putih, melainkan juga harga cabai yang melonjak tinggi dari yang sebelumnya Rp 30.000/kg kini mencapai Rp 70.000/kg.

Sri mengeluhkan harga sembako yang semakin melambung. Adanya kenaikan harga akan mengurangi daya beli masyarakat. Menurutnya kenaikan ini sudah terjadi sejak minggu lalu dan akan terus meningkat memasuki bulan Ramadhan.

Senada dengan Sri, salah seorang pembeli Yeni (48) keluhkan melonjaknya harga sembako. “Tidak semua masyarakat mampu membeli sembako dan sayur-sayuran, saya harap pemerintah memperhatikan rakyat kecil juga,” ungkapnya.

Seperti yang di kutip republika.com sebelumnya Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memantau komoditas pangan di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Jumat lalu. Pemantauan ini dalam rangka antisipasi lonjakan harga jelang Ramadhan.

Ia mengatakan ada tiga komoditas pangan yang betul-betul dijaga baik harga dan stoknya agar tidak terganggu. Seperti beras, gula dan daging sapi. Sebab tiga komoditas tersebut merupakan kebutuhan utama masyarakat.

 

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.