Jaenudin: Praktik Tilawah Tergantung Kebijakan Fakultas

JURNALPOSMEDIA.COM–Penyelenggaraan praktikum tilawah di UIN Bandung yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester 3, di beberapa fakultas rupanya ditiadakan untuk tahun ini. Di lingkup Fakultas Dakwah dan Komunikasi sendiri, sejumlah mahasiswa yang telah ditemui Jurnalposmedia mengaku tidak menerima pemberitahuan maupun sosialisasi akan adanya praktik tilawah.

Terkait hal tersebut, Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (A2KK), Jaenudin, mengungkapkan jika alokasi dana praktikum sudah menyatu dalam Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa pada masing-masing fakultas. Namun, bentuk penyelenggaraan praktik tilawah tergantung kebijakan tiap fakultas. 

Tahun ini, teknis pelaksanaan praktik tilawah tidak sama dengan tahun lalu. Sebelumnya, pada Kartu Rencana Studi (KRS) mahasiswa semester 3 terdapat pilihan praktik tilawah dalam daftar mata kuliah yang ditawarkan dan bersifat non-SKS (0 SKS). Tiap fakultas memiliki kewajiban untuk melaksanakan praktik tilawah karena dananya telah tercakup di UKT yang dibayarkan mahasiswa pada awal semester. Selain itu, praktik tilawah menjadi syarat untuk menempuh sidang Munaqosah.

Mengingat fungsi praktik tilawah berbeda-beda peruntukannya, Jaenudin menyerahkan sepenuhnya segala sangkut paut praktik tilawah kepada pihak fakultas. “Kalau memang ada kebijakan lama yang berubah, itu sepenuhnya keputusan masing-masing fakultas. Sistem pelaksanaannya juga berbeda di tiap fakultas. Bisa jadi, ada fakultas yang praktik tilawahnya dilaksanakan pada semester 5 untuk persiapan sidang munaqosah,” paparnya.

Praktik tilawah dinilai penting untuk memperkuat kemampuan mahasiswa dalam membaca, menulis, menghafalkan, menerjemahkan, bahkan menafsirkan Alquran untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Juga sebagai sarana untuk menunjang visi UIN Bandung yakni menjadi Universitas Islam Negeri yang unggul dan kompetitif berbasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah di ASEAN tahun 2025.

Mahasiswa Jurnalistik semester 5, Hafshah Nurhabibah, yang telah menuntaskan praktik tilawah tahun lalu mengungkapkan pentingnya penyelenggaraan praktek tilawah karena UIN Bandung adalah kampus berbasis islami. “Praktik tilawah sangat terasa manfaatnya. Jadi bisa mengulang hafalan surat juz 30 yang beberapa sudah mulai lupa. Juga karena label kampus yang islami, jadi penting bagi pihak fakultas untuk mewajibkan praktik tilawah ini,” tutup Hafshah.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.