Jadi Wirausahawan Harus Berani Mencoba

JURNALPOSMEDIA.COM– Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurnalistik UIN Bandung, Bidang Kewirausahaan menggelar seminar kewirausahaan, JUWARA 2019. Kegiatan bertemakan “Meningkatkan Mentalitas dan Menumbuhkan Jiwa Kreatif Para Milenial di Dunia Usaha” tersebut diadakan di Aula Abdjan Soelaeman, UIN Bandung, Kamis (31/10/2019).

Seminar tersebut mengundang tiga wirausahawan sebagai pemateri. Mereka yaitu Achmad Muzzamil (Pemilik Bahruns & Travel), Agung Trilaksono (Pendiri @graduationku.id) dan Ridwan Hasan (Pendiri Psikopedia TC). Salah satu dosen kewirausahaan UIN Bandung pun, Nase Saepudin ikut hadir menyampaikan materidalam kegiatan tersebut.

Para pemateri menyampaikan pengalaman mereka dalam membangun bisnis yang digarap dari nol sampai sukses. Mereka pun memotivasi audiens agar lebih mandiri menghadapi kehidupan yang mereka jalani.

“Kaum muda harus mampu menerima ilmu di bidang usaha dan mempraktekannya langsung. Action itu penting daripada hanya mendengarkan, mencatat itu hanya akan menjadi ilmu saja dan kita harus berani untuk mencoba,” Papar Achmad Muzzamil ketika ditemui Jurnalposmedia usai kegiatan JUWARA 2019.

Adapun di akhir acara, diadakan circle atau berdiskusi dengan membentuk lingkaran yang dipimpin langsung oleh pemateri. Dalam diskusi tersebut mahasiswa mengeluhkan berbagai hambatan ketika mereka memulai usaha.

“Mereka bukannya takut berwirausaha, melainkan kebingungan dalam hal barang darimana, keuntungan yang bisa didapat. Jangan berpikiran untuk mengambil barang paling murah dan ketika dijual paling tinggi. Saya menyampaikan ke mereka, kita jual apa adanya, dari situ kita mendapatkan pengalaman-pengalaman, dan peluang di dalamnya,”kata Achmad.

Achmad menambahkan jika acara kewirausahaan penting dan sangat mengapresiasi diadakannya kegiatan tersebut. Walaupun yang mengadakan jurusan Jurnalistik, tetapi jika mengenai kewirausahaan sifatnya menyeluruh bukan hanya jurusan terkhusus saja.

Ketua  Pelaksana JUWARA 2019, Rivaldi Maulana mengatakan jika acara ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa yang ingin belajar tentang kewirausahaan. Lebih dari itu, sebagai wadah bagi mahasiswa yang sudah menjalankan usaha ataupun baru menjalankannya dengan berkonsultasi langsung kepada orang-orang yang berpengalaman dan sukses dalam menjalankan kewirausahaan.

“Seorang yang ingin berwirausaha harus bisa membentuk mental yang kuat dan harus siap menghadapi kegagalan. Jika gagal pun harus tetap pada jalurnya dan tidak menyerah untuk meraih kesuksesan”. ujar mahasiswa semester 5 Ilmu Komunikasi Jurnalistik tersebut.

Pria yang kerap disapa “Ipal” ini berharap jika acara tersebut dapat bermanfaat kepada seluruh peserta yang hadir. Diharapkan kegiatan tersebut dapat membentuk serta meningkatkan mental dan kreatifitas agar bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Selain itu dapat memancing mahasiswa untuk berani mencoba dan siap menghadapi tantangan dengan pikiran yang terbuka dan dewasa.

Salah satu peserta seminar, Rifai menuturkan sangat membantu dan mengapresiasi kegiatan ini. Ia pun mengaku langsung mendapat solusi dari para pemateri.

“Alhamdulillah bisa dapat ilmu mengenai kewirausahaan, apalagi bagi saya yang ingin memulai usaha. Juga disediakan diskusi langsung dengan pemateri, disana juga kita dapat solusi dari masalah yang kita hadapi,” kata Rifai, salah satu peserta JUWARA

2019.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.