IWD 2020: Kesetaraan Gender untuk Keharmonisan Dunia

JURNALPOSMEDIA.COM Mengangkat tema #EachForEqual, International Women’s Day (IWD) 2020 mengajak perempuan bahkan laki-laki untuk terus bersama memperjuangkan kesetaraan gender. Pada tahun 1911, dengan dukungan lebih dari satu juta orang, IWD pertama digaungkan sampai saat ini. Negara-negara yang pertama kali memperingatinya adalah Austria, Denmark, German dan Switzerland.

Tiap tahunnya IWD selalu mengkampanyekan kesetaraan pada perempuan dalam berbagai hal. Tak terkecuali pada peringatan tahun ini mengkampanyekan kesetaraan di ruang rapat, pemerintahan, liputan media, tempat kerja, liputan olahraga. Bahkan dalam aspek kesehatan dan kekayaan sekalipun.

Tema yang digagas pada tahun ini bermakna setiap orang adalah bagian dari keseluruhan tindakan yang bermula dari perilaku. Lalu, pola pikir individu juga berdampak pada masyarakat luas. Bersama kita dapat membuat suatu perubahan. Bersama pula, masing-masing dari kita dapat berperan untuk mewujudkan dunia yang setara tanpa memandang jenis kelamin.

Dilansir dari situs resminya internationalwomensday.com, kesetaraan gender sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi maupun kemasyarakatan. Maka dari itu, dalam mewujudkan dunia yang setara, jangan  berhenti pada peringatan IWD tahun ini saja. Tetapi, perlu ada tindakan kolektif yang berkelanjutan dan tanggung jawab bersama untuk mendorong dunia yang lebih sehat, kaya, dan harmonis.

Pada peringatan International Women’s Day tahun ini, kita diajak untuk ikut berpartisipasi dengan mengunggah foto yang berpose mensejajarkan tangan di posisi yang sama. Hal tersebut mempresentasikan ajakan kuat untuk mendukung kesejajaran gender bersamaan dengan digaungkannya tagar #EachForEqual.

Di Indonesia sendiri tagar #HariPerempuanInternasional menjadi trending topic di twitter. Selain itu, dibeberapa daerah seperti Lampung dan Jakarta, massa melakukan aksi solidaritas untuk memperingati Hari Perempuan Internasional tahun ini.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.