HIPMI PT Uninus Raih Penghargaan Kewirausahaan Kemenristekdikti RI

JURNALPOSMEDIA.COM–Meski belum lulus dari bangku perkuliahan, sekelompok Mahasiswa Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung memilih belajar menjadi wirausaha muda. Mereka tidak memikirkan dan mengutamakan perolehan materi semata, namun justru mencari pengalaman dari setiap usaha yang mereka geluti melalui Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Uninus.

Komunitas tersebut  telah menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk berkolaborasi di dunia usaha. HIPMI PT Uninus berdiri sejak 5 Mei 2016. Meski terbilang baru, komunitas ini telah berhasil melahirkan banyak produk unggulan dan meraih sejumlah penghargaan ternama.

Menurut Ketua HIPMI PT Uninus Agung Prawoto, tujuan awal didirikannya komunitas ini adalah untuk mewadahi mahasiswa yang ingin berwirausaha. Dengan melihat fenomena di dalam kampus yang sudah beda segmentasinya. “Dapat dilihat dimana-mana mahasiswa itu senang berbisnis tetapi tidak ada tempat untuk mengaplikasikannya,” ujarnya saat ditemui Jurnalposmedia, Selasa (14/11/2017).

Agung bercerita bahwa modal pertama untuk mengembangkan usahanya itu dengan membuat Hipmart semacam Alfamart. Dana yang didapatkan pun berasal dari uang pribadinya sebesar 2 juta rupiah. Kemudian, pihak kampus memberikan bantuan berupa etalase dan dibantu dengan produk-produk anggota HIPMI PT yang banyak terjual.

Selama satu tahun, HIPMI PT Uninus sudah memiliki 53 program. Tak hanya itu, HIPMI PT Uninus  juga mengikuti program yang diadakan oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI), program tersebut diberi nama Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI).

HIPMI PT Uninus mampu bersaing dengan 40 universitas lain dan berhasil lolos menjadi pemenang. Setelah keluar sebagai pemenang, HIMPI PT Uninus mendapatkan dana sebesar 60 juta dari Kemenristekdikti RI untuk mengembangkan kewirausahaan di Uninus.

Berbagai penghargaan telah diraih oleh HIPMI PT Uninus, salah satunya dari Kemenristekdikti RI, yakni sebagai Wirausahawan Muda tahun 2015. Hingga tahun ini, HIPMI PT Uninus kembali berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Pemuda Pelopor dan Berprestasi Bidang Kewirausahaan Kota Bandung.

Selain mendapatkan banyak penghargaan, HIPMI PT Uninus juga banyak melahirkan produk-produk unggulan seperti, Nyusu Doeloe Bandung yang kedainya bertempat di Soreang, Shisha Handmade, Ayam Bakar Mang Budi dan Hangouters yang merupakan mobil jadul VW hasil modifan anak-anak HIPMI PT Uninus.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.