Hari Pohon Sedunia, Pengingat Pentingnya Bagi Bumi

JURNALPOSMEDIA.COM- Sejak 1832, 21 November ditetapkan sebagai hari pohon sedunia untuk mengingatkan pentingnya pohon bagi makhluk hidup di bumi. Selain itu, juga sebagai penghormatan kepada Sterling Morton, aktivis lingkungan yang mengkampanyekan pentingnya menanam pohon.

Seperti yang kita ketahui keberadaan pohon memberikan banyak manfaat bagi makhluk hidup di bumi. Pohon dapat menyerap gas CO2 yang dihasilkan dari pabrik industri. Bayangkan apabila pohon semakin sedikit dan gas CO2 semakin banyak, hal tersebut akan menyebabkan bumi semakin panas atau global warming. Di sisi lain pohon juga dapat menghasilkan O2 atau oksigen. Tanpa oksigen maka tidak akan ada kehidupan di dunia. Maka tidak berlebihan apabila disebutkan harga pohon sebanding dengan hidup kita.

Selain itu, Dilansir dari strategi.id pohon adalah refleksi dari ketenangan. Menurut penelitian, pemandangan alam dapat menyembuhkan stress pada manusia. Namun, saat ini  keberadaan pohon seperti tidak dianggap penting lagi. Contoh yang paling nyata adalah banyak hutan yang ditebang secara liar, dan kurangnya Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Maka dari itu, pada peringatan hari pohon sedunia tahun ini, marilah kita menanam minimal satu pohon di halaman rumah sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.