Gugum Rachmat Gumilar Sabet Anugerah Pewarta Astra 2018

JURNALPOSMEDIA.COM–Salah satu Alumni sekaligus mantan Presiden Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung periode 2009/2010, Gugum Rachmat Gumilar, kembali mendapatkan prestasi. Kali ini, Gugum keluar sebagai Juara pertama dalam lomba Anugerah Pewarta Astra 2018 yang bertemakan “Semangat Kampung Indonesia”.

Anugerah Pewarta Astra merupakan program tahunan sejak 2016 yang diadakan oleh PT. Astra International Tbk sebagai bentuk apresiasi kepada karya tulis, baik dari kalangan wartawan maupun umum. Gugum berhasil menyabet peringkat pertama melalui tulisannya “Cidadap, Revolusi Halus Melawan Tandus” yang terbit di pikiran-rakyat.com pada Senin, (31/12/2018).

Pria kelahiran 15 Juni 1990 ini merupakan editor konten di pikiran-rakyat.com, setelah sebelumnya pernah singgah untuk menulis di Koran Sindo sebagai pekerjaan sampingannya selain mahasiswa di bangku perkuliahan,

Dalam tulisannya, Gugum melakukan proses jurnalistik selama 2 bulan. Mulai dari mencari data, riset data, dan mengolahnya hingga menjadi tulisan yang menurutnya layak dipublikasikan,

“Mulai dari pencarian ide, pengumpulan data serta bagaimana membayangkan alur tulisan akan seperti apa itu saya buat dalam kurun waktu 2 sampai 3 bulan. Meskipun pada tahap penulisan serta pengecekan kembali hanya dua minggu,” ungkap Gugum saat ditemui Jurnalposmedia di Kantor Pikiran Rakyat Digital, Jalan BKR. Senin, (04/03/2019).

Pencapaian tersebut merupakan kali kelima setelah tiga tahun bekerja di pikiran-rakyat.com, sebelumnya Gugum juga pernah menyabet Anugerah Karya Tulis Jurnalistik tentang Pendidikan dan Kebudayaan pada 2016. Lalu, pada 2017 Gugum membawa pulang Anugerah Karya Tulis Jurnalistik bertemakan Teknologi dalam rangka “Hari Teknologi Nasional” di Makassar.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.