Generasi Alfa Segera Menginvasi Dunia

JURNALPOSMEDIA.COM–Tahun berganti tahun, generasi semakin terbarukan. Jika bertanya siapa generasi yang akan segera mempengaruhi kehidupan manusia, jawabannya adalah anak keturunan Millenial. Setelah hadirnya generasi Millenial, generasi Z tumbuh bersemai menjadi remaja menuju dewasa yang kini duduk di bangku sekolah hingga perkuliahan. Mereka sudah siap bermanuver dalam mengendalikan dunia. Pada saat yang sama, muncul keturunan Millenial, yakni generasi Alfa.

Tertulis dalam makalah Beyond Z: Meet Generation Alpha, Analis Sosial-Cum-Demograf, Mark McCrindle dari grup peneliti McCrindle menamai generasi penguasa abad 21 ini.

“Generasi berikutnya akan dinamai sesuai abjad. Itu sebabnya mereka yang lahir setelah Generasi Z akan dipanggil Generasi A alias Generasi Alfa,” ungkap Mark.

Generasi yang mengawali kelahirannya di tahun 2010-2024 ini, bertambah sebanyak 2,5 juta orang setiap minggunya. Bahkan, jumlahnya akan membumbung sekitar 2 miliar pada 2025.

Kecil-kecil cabai rawit, walau adik-adik generasi Alfa berusia sangat dini, hadirnya dapat mempengaruhi perputaran ekonomi dunia. Dilansir dari Business Insider dan McCrindle yang dirangkum dalam infografis “Generasi Alfa” di Tirto.id, generasi tersebut adalah yang paling sejahtera dan terdidik. Pasalnya mereka memiliki lebih banyak kesempatan sekolah. Selain itu mereka akrab dengan teknologi dan punya jarak umur lebih jauh dengan generasi sebelumnya.

Ahli Strategi Pemasaran, Christine Carter mengungkapkan generasi ini dapat menghabiskan 18 juta dolar pertahun untuk mengonsumsi mainan, pakaian, dan berbagai perangkat teknologi baru di era ini. Kemajuan teknologi yang pesat akan mempengaruhi gaya belajar, materi pelajaran, kegiatan sekolah hingga pergaulannya sehari-hari yang tidak terbatas pada lokasi. Semua perkembangan pesat tersebut, membuat “Alfa” lebih cerdas dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

Waktunya Orangtua Millenial Bersiap Diri

Berbeda generasi, berbeda pula pendekatan dan pola asuh anak. Bagi orangtua Millenial yang memiliki buah hati generasi Alfa, selalu memberikan pendidikan terbaik untuk sang anak. Disadur dari Parenting.co.id, sangat penting memberikan mereka pendidikan agama sebagai benteng hidupnya, tetap ajarkan nilai-nilai sopan santun dan etika kekeluargaan.

Tak lupa untuk terus memacu semangat juangnya agar tidak mudah putus asa dan merasa bosan. Ajari dan biasakan anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Selalu luangkan waktu untuk komunikasi dua arah dan kontak mata dengan anak lalu beri batasan penggunaan gawai selama 30 menit untuk anak usia 2-3 tahun. Fasilitasi gawai dengan permainan edukatif yang interaktif, contohnya pilih aplikasi yang membuat anak mengerti bentuk, warna, menirukan suara binatang, atau menirukan gerakan dari gawai bersama anda.

Wah, luar biasa sekali kehadiran generasi Alfa ini, bersiaplah untuk menantikan tumbuh kembangnya!

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.