Frozen Peuyeum Inovasi Mahasiswa FTIP Unpad

Memiliki keinginan untuk meningkatkan eksistensi singkong sebagai pangan lokal Bandung, Jawa Barat, tiga mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran (Unpad), yakni Vina Fitriani Pratiwi, Faysa Utba dan Ziske Noflianri membuat inovasi dengan bahan dasar peuyeum bernama Frozen Peuyeum (Froyeum). Froyeum mengantarkan tiga mahasiswa tersebut sebagai Juara I Lomba Inovasi dan Teknologi Pangan yang digelar Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) di Universitas Lampung pada pekan lalu.

Froyeum merupakan campuran dari peuyeum, yoghurt, dan madu yang dibekukan dan dimasukkan ke dalam cup es krim. Froyeum diolah dengan memanfaatkan teknologi yang diaplikasikan melalui fermentasi dan pembekuan. Bukan hanya enak, Froyeum juga memiliki potensi sebagai pangan fungsional, dimana pangan ini kaya akan nutrisi dan bermanfaat untuk pencernaan.

“Singkong kaya akan karbohidrat dan serat, kemudian nutrisi dari madu, lalu kandungan yogurt yang baik untuk pencernaan, serta pembuatan peuyeum dengan fermentasi yang bisa memecah karbohidrat menjadi gula sederhana dan menghasilkan senyawa organik yang berguna, serta dengan teknologi pembekuan yang membuat Froyeum tahan lama tanpa pengawet,” jelas Vina saat ditemui di kampus Unpad Jatinangor, Jumat (27/10/2017).

Melihat semakin menurunnya peminat peuyeum karena rasanya yang monoton, Vina dan kedua kawannya berharap Froyeum dapat dengan mudah diminati masyarakat dan menjadi salah satu buah tangan wisatawan di Bandung. “Kita berniat untuk membuat sebuah produk kekinian dari singkong yaitu Frozen Peuyeum sehingga diharapkan produk ini menjadi buah tangan menarik di Jawa Barat,” terangnya.

Sebelum menjadi dikenal masyarakat, Vina dan kedua kawannya harus berjuang menyelesaikan penelitian yang dibuat selama satu bulan, dibawah bimbingan dosen FTIP Unpad Dr. Gemilang Lara Utama. Vina memastikan Froyeum akan segera dipasarkan di beberapa kantin yang ada di Unpad. Ia juga berharap produk yang mereka buat dapat dititipkan di beberapa toko oleh-oleh yang ada di Bandung.

Leave A Reply

Your email address will not be published.