Festival Literasi 2019, Habis Gelap Terbitlah Terang

JURNALPOSMEDIA-Bertajuk “Habis Gelap Terbitlah Terang”, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DISPUSIPDA) Provinsi Jawa Barat menggelar acara Festival Literasi 2019. Berlangsung di halaman kantor Gubernur Jawa Barat, jalan Diponegoro, kota Bandung, Sabtu (20/4/19).

Festival tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Buku Sedunia, 23 April. Adapun, bertepatan dengan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April esok. Tujuan digelarnya festival ini ialah untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya di wilayah Jawa barat.

Lalu, terdapat beberapa stan yang menyajikan buku-buku dari berbagai penerbit dan pameran produk literasi. Terdiri dari 27 kota/kabupaten se-Jawa barat ditampilkan dalam festival ini salah satunya, Perpustakaan Bank Indonesia Jawa barat (Pusbi Jabar).

Bunda literasi Jawa barat,  Atalia Pratya atau kerap disapa Bu Cinta, meluncurkan dua buku dalam Festival Literasi 2019. Ia berharap bukunya dapat membawa pengaruh, bahwa dengan membaca saja tidak cukup, menulis pun ia rasa penting.

“Mudah-mudahan ke depannya banyak lagi para penulis dan penerbit yang mampu melahirkan karya yang baik,” ungkapnya.

Rangkaian kegiatan lainnya yakni unjuk kabisa atau unjuk bakat, dari sekolah-sekolah di wilayah Bandung raya, lomba puisi, dan pameran permainan literasi. Di penghujung acara, pengunjung dihibur dengan penampilan musik dari Tulus. Persembahan lagu yang ia suguhkan salah satunya monokrom dan sewindu.

Salah seorang pengisi stan literasi santun, Riska mengungkapkan antusiasnya mengikuti festival tersebut, “Acaranya bagus, penting banget apalagi buat anak milenial atau anak jaman sekarang. Selain literasi buku, yang tidak kalah penting juga literasi santun,” pungkasnya.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.