Digantikan Simak, Web Ilkom Tidak Berjalan

JURNALPOSMEDIA.COM -Web yang dimiliki Ilmu Komunikasi (Ilkom) UIN Bandung dibuat sejak 2013, ditujukan untuk penyampaian informasi kepada mahasiswanya. Hal tersebut tidak berjalan, dikarenakan fungsinya yang tergantikan oleh Simak atau SALAM (Sistem Layanan Administrasi Layanan Akademik).

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Darajat Wibawa menuturkan, saat ini mahasiswa mempunyai banyak sarana untuk mengetahui hak dan kewajibannya. Jika dulu penyampaian informasi disampaikan melalui komunikasi.uinsgd.ac.id, kini Simak menjadi sarana utama untuk mengetahui hal tersebut. Seperti halnya KRS (Kartu Rencana Studi) dan KHS (Kartu Hasil Studi).

“Simak yang baru tahun sekarang, karena sudah terintegrasi yang tadinya informasi-informasi kita sampaikan di web Ilkom itu dipindahkan ke Simak. Web ilkom hanya menjadi pendamping saja,” papar Darajat saat ditemui di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Rabu (10/4/2019).

Lebih lanjut, Darajat menjelaskan akan merubah orientasi web ilkom menjadi web populer yang mengikuti perkembangan zaman dengan melibatkan Korp Protokoler Mahasiswa Jurusan (KPMJ).

“Jika dulu hanya untuk kepentingan intern, karena sekarang perkembangannya harus mengikuti zaman, kita akan mecoba merubah web ini jadi web populer, orang-orangnya juga sudah ada yang KPMJ itu. Kita rubah formatnya, peruntukkannya, targetnyapun kita rubah. Kita akan membagi dua yang news sama permanen (KRS dan KHS),” ungkap Darajat.

Kedepannya, Darajat berharap dengan adanya perubahan sistem melalui penambahan-penambahan konten baru yang tidak ada di Simak dan bukan hanya sekedar penyampaian informasi, mahasiswa dapat follow up web ilkom ini kembali.

Sebaliknya, salah satu Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Wanda, mengaku tidak mengetahui tentang adanya web ilkom ini. Walaupun demikan ia berharap web ilkom tersebut berjalan dengan semestinya serta memberikan informasi yang jelas.

“Saya belum mengetahui tentang web tersebut. Tapi seharusnya berjalan dengan semestinya ya, biar bisa memberikan informasi yang jelas,” tutur Wanda saat ditemui Jurnalposmedia. Kamis, (11/4/2019).

Kru liput:
– Robby Fathan/Kontributor
– Muhammad Faiz S/Kontributor
– Anggi/Kontributor

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.