DEMA-FDK Gelar Lomba Debat Antarjurusan

JURNALPOSMEDIA.COM – Dewan Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (DEMA-FDK) UIN Bandung gelar lomba debat yang di ikuti hampir semua perwakilan jurusan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) di Aula Student Center, Kamis, (20/12/2018). Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Pekan Pendidikan dan Akademik FDK.

Acara ini bertemakan “Kesetaraan Gender, Agama dan Politik” yang di ikuti oleh 5 Jurusan di FDK. Dengan kriteria penilaian gagasan, substansi, bahasa penyampaian dan kerja sama tim.

Ketua umum DEMA-FDK, Nazilatus Syam mengatakan, tujuan dari tema lomba debat kali ini karena banyak kasus mengenai feminisme dan merupakan hal yang menarik untuk dibahas. Selain itu, agar mahasiswa khususnya dalam lingkup FDK paham dan peka terhadap tema yang diangkat.

“Tujuan mengangkat tema kali ini karena marak nya kasus feminisme, kesetaraan gender dan kemarin 25 november sampai 10 desember adalah hari anti kekerasan terhadap perempuan, dan isu ini merupakan isu yang seksi untuk dibahas agar mahasiswa sendiri peka terhadap isu yang berada diluar kampus, tidak hanya di dalam kampus saja,” Jelasnya.

Lebih lanjut, Syam mengatakan bahwa lomba ini agar bisa menjadi wadah mengaktualisasikan mahasiswa dalam berkomunikasi dan berani mengeluarkan pendapat. Berbicara masalah kendala, Syam mengatakan kurangnya partisipasi dari setiap jurusan yang belum maksimal.

“Untuk kendala sendiri mungkin kurang nya partisipasi dari setiap jurusan, dan partisipasi dari mahasiswa juga kurang jika dalam acara akademik seperti ini,” Ungkapnya.

Syam berharap kedepannya agar mahasiswa tidak hanya mementingkan bidang akademik saja, melainkan apa yang sudah di diskusikan bisa menjadi implementasi dalam kehidupan nyata.

“Harapan untuk kedepannya agar mahasiswa tidak lagi mementingkan akademisi saja, pundak-pundak sendiri saja yang di tinggikan melainkan pundak orang lain juga, agar apa yang disampaikan dalam diskusi ini terlaksana dalam kehidupan sehari-hari.” Tutupnya.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.