Daripada Gawai, Lebih Baik Beri Anak Mainan Edukatif Ini

Sejalan dengan perkembangan zaman yang semakin maju, kehidupan anak pun ikut terpengaruh oleh teknologi. Mungkin banyak kita temukan bahwa sekarang anak anak lebih banyak yang bermain dengan gawai ataupun gim di dalam HP atau gawai lainnya.  Hal tersebut membuat interaksi sosial mereka dengan teman sebayanya berkurang.

Melek akan teknologi memang sudah menjadi keharusan di zaman yang sudah maju ini. Tetapi perlu diketahui juga bahwa dari pemakaian gawai yang salah akan memberikan dampak buruk bagi anak. Anak-anak akan kurang bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan bisa membuat anak menjadi malas.

Perlunya mainan anak yang edukatif tentu menjadi kebutuhan saat ini, agar anak bisa bermain sekaligus belajar dan menyalurkan kreatifitasnya. Ternyata ada juga mainan kekinian yang edukatif bagi anak, simak ulasannya.

1 Mainan Angka atau Huruf

Mainan angka anak-anak. (Gambar: My-Best.Id)

Dengan mengenalkan angka dan huruf sejak dini tentu akan sangat bermanfaat bagi masa depan anak. Daripada diberikan HP atau gawai dan membuatnya malas, mending kita berikan mainan edukatif yang tentu menarik dengan warna warna yang mencolok.

2 Mainan Sejenis Block Atau Lego

Mainan lego anak-anak. (Gambar: Educenter.Id)

Mainan yang satu ini memang edukatif banget. Selain dengan bentuk dan warna yang kekinian, mainan block atau lego melatih imajinasi dan kreatifitas anak dalam membuat atau membangun sesuatu. Ini akan baik untuk psikomotorik anak.

3 Drawing Board Funny Toys Studio

Papan gambar anak-anak. (Gambar: My-Best.Id)

Yang satu ini jelas sekali kegunaannya adalah untuk melatih kemampuan anak. Kita bisa membiarkan anak untuk mengembangkan kreativitasnya dengan belajar melukis atau menggambar. Selain itu, drawing board bisa digunakan untuk melatih menulis dan berhitung.

4 Mainan Kolintang

Mainan alat musik kolintang. (Gambar: My-Best.Id)

Nah yang satu ini memiliki warna yang menarik dan kolintang bisa mengeluarkan suara ketika memukulnya. Selain menyenangkan anak dengan suaranya, tentu mainan ini akan melatih kreatifitas dan psikomotor terutama pada bidang musik.

5 Spinner

Mainan spinner. (Gambar: Lendyagasshi.Com)

Memang tidak semua anak akan suka dengan mainan ini, tapi fidget spinner adalah salah satu mainan kekinian yang ternyata memiliki banyak manfaat. Selain gerakan memutar yang pasti menarik perhatian anak, mainan ini juga bisa mengurangi stres loh.

6 Squishy

Mainan edukasi squishy. (Gambar: Szefuns.Com)

Squishy memang seru untuk dimainkan. Pasalnya ketika diremas maka akan terasa lembut dan busanya kembali utuh ketika  dilepas. Gak tahan deh pengen remas terus.

7 Slime/ Play Dough

Maian slime. (Gambar: Diycandy.Com)

Mainan yang sudah ada dari zaman dahulu tapi masih disukai anak. Mereka bisa bebas bereksperimen membuat apapun sesuai kehendak imajinasi mereka. Mainan ini bermanfaat sekali untuk melatih kreatifitas anak.

Nah itulah beberapa mainan anak kekinian yang tentu selain seru dimainkan tetapi memiliki manfaat edukasi juga untuk pertumbuhan anak. Tentu dengan kemajuan teknologi kita harus bijak dalam mengontrol pertumbuhan anak. Tidak hanya memberikan kesenangan semata tetapi juga memberikan pesan edukasi di setiap kesempatan demi masa depannya.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.