Curug Cikanteh, Wisata Air Yang Eksotis dan Alami

JURNALPOSMEDIA.COM-Siapa bilang Sukabumi tidak mempunyai wisata air yang menyegarkan? Salah satu destinasi wisata air yang sedang hits sekarang ini memang beragam macamnya. Air terjun atau dalam Bahasa Sunda lebih di kenal dengan sebutan curug. Wisata air ini memang mempunyai pesona alamnya sendiri.  

Curug Cikanteh adalah salah satu contoh curug yang berada di kawasan Ciletuh Geopark yang terletak di Ciwaru, Ciemas, Sukabumi. Curug Cikanteh ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter, dinamakan Curug Cikanteh karena sungai yang mengairi air terjun ini bernama sungai cikanteh. Maka dari itu pula air terjun ini dinamai curug cikanteh.

Curug cikanteh ini berada di antara hutan-hutan, sehingga akses menuju area curug masih dibilang sulit, karena jauh dari pusat kota. Jika baru pertama kali ke area sana anda dapat menyewa guide yang tersedia sebagai petunjuk arah jalan.

Selain itu, untuk bisa sampai ke kawasan Ciletuh geopark bisa di akses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Akses jalan menuju Kawasan Ciletuh Geopark sudah dibilang baik dibanding beberapa tahun lalu. Namun, di beberapa titik masih ditemui jalanan yang rusak dan berlubang, sehingga diperlukan kewaspadaan dalam berkendara.

Selama perjalanan, jika berangkat dari Jakarta memerlukan waktu  sekitar 3-4 jam. Apabila berangkat dari Kota Bandung memerlukan waktu yang lebih lama, yakni bisa sampai 7-8 jam perjalanan, tergantung dari kemacetan di jalan.

Namun, perjalanan yang lama dan melelahkan tersebut akan terbayar ketika sampai di sana. Melihat dan menikmati ciptaan Tuhan yang sungguh indah. Rasa lelah karena bermacet-macet di jalan pun seketika sirna saat melihat dan menikmati keindahan curug Cikanteh. Seperti pribahasa “berakit rakit ke hulu berenang renang ketepian”, mungkin itu tepat apabila setelah kita melewati panjangnya jalan kita akan di tampilkan sebuah surga dunia yaitu curug Cikanteh

Uniknya, curug ini mempunyai tempat yang tersembunyi untuk mencapai ke lokasinya. Kamu harus berjalan sedikit menanjak bukit dan melewati hutan tropis yang sejuk. Dalam perjalanan, kamu akan melalui jembatan kayu yang unik dan cocok untuk berfoto ria. Walaupun tidak memungkinkan untuk berenang, menikmati pemandangan curug cikanteh yang megah sudah lebih dari cukup.

Curug Cikanteh dan objek wisata lainnya di Geopark Ciletuh bisa jadi pilihan destinasi yang tepat, untuk kalian yang sedang mencari destinasi wisata alam di kawasan Sukabumi, Jawa Barat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.