Cintai Kebersihan, Cintai Kesehatan

JURNALPOSMEDIA.COM—Membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu hal kecil yang sering terabaikan. Meskipun hanya sebuah sampah bungkus permen, seseorang mungkin berpikir, ah, cuman ini kok, kecil,“.

Suatu tempat, dengan Sampah yang berceceran dimana-mana seperti di Pasar, yang menjadi hiruk pikuk orang-orang bergerumun. Muncul pemikiran, “di sini juga udah banyak sampah”, lalu dengan santainya turut menyumbang sampah. Salah jika dinyatakan hanya seorang yang mempunyai pemikiran seperti itu. Tetapi, semua khalayak mempunyai pikiran tersebut walaupun hanya terbesit dalam sekejap. Lalu yang terjadi adalah semua orang memilki sumbangsih sampah yang cukup banyak.

Kesadaran masyarakat yang masih rendah terhadap kebersihan, berpengaruh besar juga terhadap kesehatan. Penyakit infeksi saluran pernapasan akut dan diare adalah dua penyakit utama yang disebabkan oleh lingkungan hidup kurang bersih.

Hal sederhana yang bisa membantu yaitu dengan membiasakan simpan atau pegang dahulu sampah sebelum menemukan tong sampah. Tanpa kesadaran tersebut, maka lingkungan tidak akan bersih dari yang namanya sampah.

Perilaku dan kebiasaan adalah sesuatu yang ditanamkan sejak kecil, terutama di lingkungan keluarga dan sekolah. Besar pengaruhnya bagi orangtua untuk mengajarkan kebiasaan positif pada anak-anak. Adapun, pengaruh pada lingkungan yang bersih akan mewujudkan indahnya kesehatan, serta menghindari berbagi macam penyakit.

Ayo! Sebagai generasi muda terkhususnya, mari saling mengingatkan untuk menjaga kebersihan lingkungan kita. Demi lingkungan yang nyaman dan bersih.

1 Comment

  1. Genjehhh says

    I really like your writing, maybe in the future I can buy your writing or collaborate with my media…

Leave A Reply

Your email address will not be published.