Cegah Virus Corona, Mahasiswa UIN Bandung Diimbau Tetap Waspada

JURNALPOSMEDIA.COM-Menghadapi wabah Covid-19 yang telah masuk ke Indonesia, Humas UIN Bandung mengeluarkan Surat Edaran tentang antisipasi penyebaran virus corona pada Senin, (2/3/2020). Hal itu merupakan usaha cepat tanggap pihak kampus untuk menghimbau kepada seluruh civitas akademika agar bisa lebih waspada terhadap penyebaran virus tersebut.

Staf Humas UIN Bandung, Helmi menerangkan bahwa pengeluaran surat edaran merupakan keharusan pihak kampus untuk menjaga agar civitas akademika tidak tertular.

“Sebagai lembaga pendidikan berhak untuk menghimbau seluruh civitas akademika yang ada di UIN ini untuk menjaga kesehatan dan menunda perjalanan ke luar negeri,” ujarnya ketika ditemui  Jurnalposmedia di Gedung Al-Jamiah UIN Bandung, Kamis, (5/3/2020).

Surat edaran tersebut berisikan beberapa poin penting salah satunya memberitahukan agar tidak atau menunda terlebih dahulu perjalanan ke luar negeri terutama negara-negara yang telah positif terinfeksi wabah corona. Selain itu, pihak kampus juga mengajak untuk mengurangi kontak langsung dengan civitas akademika yang baru saja kembali dari luar negeri.

Langkah pencegahan yang bisa dilakukan diantaranya mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, menggunakan masker, membuang sampah pada tempatnya dan memperhatikan etika batuk/bersin diruang publik dengan menutupnya menggunakan tangan atau sapu tangan bersih.

“Ya kalau hal itu terjadi, lembaga siap menyiapkan dan memfasilitasi dalam rangka jangan sampai di kita ada yang terindikasi ya, maka dilakukan langkah-langkah pencegahan juga yang ada dalam surat tersebut dan mungkin salah satunya sering-sering bercuci tangan dan berwudhu,” tambah Helmi

Salah satu mahasiswa UIN Bandung, Naufalia menyambut baik surat edaran terkait virus corona tersebut. Ia mengaku sudah melakukan tindakan yang sesuai dengan himbauan tersebut

“Jika untuk saya sendiri bermanfaat ya, jadi untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk berhati-hati dan menjaga kebersihan sendiri. Buat pencegahan sudah dilakukan seperti selalu membawa antiseptik kemanapun agar tetap bersih, mau dimanapun juga jaga kebersihan, Kalau mau bersin atau batuk juga selalu ditutup dan setidaknya pakai tangan atau kain, juga selalu mencuci tangan dan kaki supaya tidak terkena bakteri,” pungkasnya.

Rekomendasi

Comments are closed.