Berjalan Kaki, Sederhana yang Menyehatkan

Jantung adalah salah satu organ manusia yang paling vital, karena jantung merupakan salah satu organ yang berperan di sistem peredaran darah. Oleh sebab itu, sudah kewajiban untuk menjaga Jantung agar tetap sehat.

Banyak olahraga yang bertujuan untuk menyehatkan jantung, dari yang paling mudah sampai yang rumit. Dari berlari hingga berseped, salah satu olahraga jantung yang mudah serta pasti dilakukan oleh sebagian besar manusia dimuka bumi adalah berjalan kaki. Kegiatan yang sederhana tetapi tanpa disadari berkontribusi untuk menyehatkan jantung.

Berjalan kaki untuk menyehatkan jantung umumnya dilakukan tiga kali dalam seminggu dengan durasi 30 samai 60 menit. Tidak peduli berapa banyak langkah yang diambil, asalkan Heart Rate (HR) atau detak jantung terpenuhi targetnya “untuk memenuhi HR target, kita bisa menghitungnya dengan cara (220 – usia) x 80%, nah itu buat tau kalo denyut kita mencapai target” ucap Dr. Dini Rostiati selaku dokter spesialis Jantung dan Paru-paru. Maka dapat disimpulkan bahwa kecepatan ketika berjalan tergantung kepada usia seseorang.

Ia juga menambahkan jika detak jantung tidak memenuhi target maka dianjurkan untuk mencari jalan menanjak atau sedikit berlari. Dianjurkan untuk mengambil waktu istirahat sebentar saja, agar detak jantung tetap stabil dan tidak mengalami penurunan.

Berjalan kaki adalah hal yang paling sering dilakukan, yang tanpa disadari menimbulkan banyak sekali manfaat untuk tubuh, maupun untuk lingkungan. Tidak perlu melakukan olahraga rumit untuk menjaga kesehatan, dengan berjalan kaki pun sudah membantu menyehatkan jantung.

 

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.