Bergulirnya Kembali Sepak Bola di Eropa

JURNALPOSMEDIA.COM – “Football without fans is nothing”, itulah slogan bagi pecinta sepak bola yang kini menjadi kenyataan. Sepak bola dengan stadion kosong memang bukanlah pilihan tepat. Namun, mengingat masih mewabahnya virus Covid-19, memaksa pertandingan sepak bola di Eropa dilaksanakan tanpa penonton. Hal itu dilakukan demi bergulirnya kembali liga top di Eropa.

Layaknya sisi kehidupan lainnya, dunia sepak bola juga memulai hidup baru di era new normal. Keputusan itu dibuat dengan mempertimbangkan berbagai protokol kesehatan. Seperti pemain yang wajib melaksanakan rapid test beberapa hari sebelum pertandingan dan melakukan penyemprotan disinfektan sebelum bermain. Juga, melakukan physical distancing di bench pemain.

Lebih lanjut, para pemain tidak boleh bersalaman, harus meminum air dari botol milik masing-masing pemain, serta mengadakan waktu istirahat tambahan dalam setiap pertandingan. Serta, tetap memakai masker saat menuju stadion. Berbicara tentang geliat sepak bola di masa pandemi, Bundesliga Jerman menjadi liga top dunia yang pertama kali memberanikan diri untuk menggelar kembali kompetisi mereka pada 16 Mei lalu.

Setelah sebelumnya, kompetisi tertinggi di Jerman ini sempat berhenti pada 12 Maret 2020. Bahkan, kompetisi ini sudah menemukan sang juara untuk musim ini. Raksasa Jerman, Bayern Munchen sukses mengunci gelar ke-8 mereka secara berturut setelah mengalahkan Wender Bremen pada pekan ke-32.

Setelah Bundesliga Jerman, Liga Inggris menjadi liga top dunia kedua yang kembali melanjutkan kompetisi. Liga Inggris membuka kembali kompetisi mereka dengan memainkan pertandingan antara Aston Villa vs Sheffield pada 17 Juni lalu. Memasuki pekan ke-30, Liverpool masih kokoh di puncak klasemen dengan point 83 dan sangat memungkinkan untuk meraih trofi Liga Inggris pertama mereka.

Menyusul Bundesliga Jerman dan Liga Premier Inggris, LaLiga Spanyol kembali memainkan liga mereka pada 8 Juni 2020, seperti liga top lainnya. LaLiga sempat ditangguhkan sejak 12 Maret lalu karena Spanyol merupakan salah satu negara yang paling parah terdampak covid-19. Kini, dua raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona bersaing untuk memperebutkan gelar Liga Spanyol

Serie A Italia juga telah melanjutkan kompetisi mereka pada 20 Juni sejak terhenti pada Maret karena Corona. Coppa Italia menjadi pembuka kembali aktifnya sepak bola di Italia dengan menghasilkan Napoli sebagai juara, lewat drama adu penalti melawan Juventus. Bahkan, Liga Champions dan Liga Europa pun sudah bersiap memulai lagi kompetisinya di era new normal. Terakhir, ajang paling elit antarklub dunia ini telah memasuki fase 16 Besar.

Secara resmi, Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) memang belum mengumumkan di situs mereka perihal pergerakkannya. Namun, UEFA kemungkinan mengambil opsi di mana Liga Champions akan mulai dilanjutkan pada 7-8 Agustus 2020, dengan asumsi kompetisi domestik telah menyelesaikan musim.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.