Batu Tumpang, Spot Refreshing Kala Travelling

JURNALPOSMEDIA.COM-Bagi anda yang gemar travelling, kehadiran area istirahat menjadi kebutuhan penting untuk melepas lelah di tengah perjalanan jarak jauh. Nah, untuk para pelancong yang ingin berwisata dan menyusuri panjangnya jalanan Garut selatan, ada spot menarik yang bisa anda singgahi. Ya, Batu Tumpang.

Batu Tumpang atau disebut Batu Numpang merupakan tempat wisata di wilayah perkebunan teh PTPN Giri Awas, yang dilintasi jalan menuju pantai selatan, Garut. Tepatnya, di jalan raya Cikajang – Pameungpeuk, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Banjarwangi, Garut. Dari pusat kota, destinasi tersebut berjarak sekitar 32 kilometer.

Batu besar yang berdiri kokoh di atas tebing curam membuat tempat itu begitu ikonik. Tebing batu itu memiliki lebar 100 meter dengan ketinggian 150 meter. Pesona Batu Tumpang semakin menguar berkat hadirnya pemandangan alam sekitar yang menyejukkan mata.

Lembah yang asri disertai hamparan kebun teh sejauh mata memandang, siapa tak adem dibuatnya. Begitupun jalan selatan Garut yang berkelok-kelok akan memberikan anda sensasi perjalanan yang berbeda. Masyarakat sekitar dan para pelancong yang hendak mengunjungi pantai selatan, seringkali menjadikan lokasi itu sebagai spot istirahat sekaligus berswafoto.

Di waktu tertentu, Batu Tumpang kerap digunakan para penggiat alam untuk panjat tebing. Adapun, kawasan itu sering dijadikan lokasi sejumlah event besar. Khususnya setiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Batu Tumpang selalu menjadi spot favorit pengibaran bendera Merah Putih raksasa. Tidak ada tarif khusus untuk siapapun yang mengunjungi kawasan itu.

Jangan khawatir juga perut anda akan keroncongan, karena di Batu Tumpang anda akan menemukan rumah makan dan warung-warung yang uniknya dibangun di lereng tebing. Variasi makanan dan camilan sederhana bercita rasa jempolan, seperti gorengan, seblak dan jagung bakar bisa anda santap sembari lesehan dan menikmati pemandangan.

Saat anda ingin berkunjung ke lokasi ini, jangan lupa membawa  jaket tebal ataupun syal agar tidak kedinginan. Terlebih saat musim hujan tiba, kabut seringkali menyelimuti wilayah tersebut. Tempat wisata Batu Tumpang sudah cukup dikenal oleh warga Garut maupun luar Garut.

Namun, bila pemerintah dapat lebih mengelola lokasi itu, dipastikan Batu Tumpang bisa sebeken destinasi wisata Garut lainnya, seperti Kawah Kamojang, Curug Orok dan banyak lagi.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.