Bakti Sosial, Ajang Tumbuhkan Rasa Cinta dan Kasih Sayang

JURNALPOSMEDIA.COM—Himpunan Mahasantri Ma’ had Al-Jami’ ah (HIMAJA) UIN Bandung menggelar acara bakti sosial (baksos) dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Buka bersama dengan anak-anak yatim dan dhuafa menjadi acara utama dalam bakti sosial kali ini. Kegiatan bertemakan “Ramadhan Menumbuhkan Cinta untuk Saling Berbagi” ini digelar di Aula Gedung Khadijah Ma’had Al-Jami’ah UIN Bandung, Sabtu (11/05/2019).

Ma’had Al-Jami’ah mengundang Panti Asuhan Ar-Rifqi di Panyileukan dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Ikhlas yang bertetangga dengan Ma’ had Al-Jami’ ah. Diundangnya TPA Al-Ikhlas, yaitu untuk menjaga hubungan baik dengan tetangga dan juga sekaligus menjadi ajang silaturahmi.

“Acara ini untuk menjaga hubungan dengan tetangga dan juga untuk silaturahim dengan tetangga kita,” ujar Staf Al-Jami’ ah sekaligus Pembina Bakti Sosial, Ahmad Zaeni Dahlan.

Acara diisi berbagai penampilan anak-anak dari Panti Asuhan Ar-Rifqi dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Ikhlas.Mahasantri Ma’ had Al-Jami’ ah pun turut mengisi rangkaian acara. Di sela-sela penampilannya pun diselingi acara doorprize yang sangat menarik.

Menjelang waktu berbuka puasa, acara diisi dengan tausyiah. Makan bersama dan  pemberian plakat kepada pemateri dan ketua yayasan menjadi penutup acara ini. Ma’ had Al- Jami’ ah juga memberikan santunan kepada anak-anak yatim  Panti Asuhan Ar- Rifqi.

“Ini memang merupakan acara rutin yang diagendakan oleh Ma’had Al-Jami’ah setiap tahunnya pada bulan Ramadhan. Jadi, setiap tahun itu diadakan bakti sosial yaitu buka bersama para anak yatim dan dhuafa,” kata Dahlan.

Ia  pun menuturkan, acara bakti sosial kali ini pertama kali diadakan di Ma’ had Al-Jami’ ah.

“(Acara) ini juga untuk pertama kalinya bagi kita mengadakan baksos bertempat di Ma’had Al-Jami’ah. Karena pada tahun-tahun sebelumnya kita biasanya datang langsung ke lokasi atau ke panti asuhan, tidak di Ma’had. Sehingga, saya bersyukur karena acara ini dapat terlaksana dengan baik dan sesuai yang diharapkan” ujar Dahlan saat ditemui di akhir acara.

Dahlan juga menuturkan bahwa, tujuan diadakan acara bakti sosial ini sesuai dengan tema, untuk menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang para mahasantri terhadap sesama.  Kegiatan ini juga menjadi ajang saling berbagi sekaligus meminta dido’akan oleh anak-anak yatim.

Salah satu anak dari Panti Asuhan Ar-Rifqi, Lala, mengaku sangat senang mengikuti acara ini dan berharap bisa mengikuti acara ini lagi serta bisa bertemu kembali dengan Mahasantri Ma’ had Al-Jami’ ah.

“Seru dan juga berkesan banget. Apalagi saat dapat materi dari Ustadz Husnul, bahwa kita itu harus menolong sesama makhluk Allah,” ujarnya saat ditemui di sela-sela acara.

Ketua Panitia Acara, Syifa Fauzia juga mengungkapkan rasa syukurnya, karena acara dapat berjalan dengan lancar. Walaupun sebelumnya sempat ada terkendala dana.

Alhamdulillah acara (dapat) berjalan dengan lancar. (Walaupun) H-3 sempat ada kendala dana juga, tapi  tidak membuat kami patah semangat,” ujar Syifa saat ditemui Jurnalposmedia di lokasi acara ketika acara berakhir.

Ia pun berharap, HIMAJA angkatan selanjutnya bisa mengundang lebih banyak panti asuhan dan menggelar baksos lebih besar dan lebih baik lagi dari yang sekarang.

Rekomendasi

1 Comment

  1. Santi says

    Dari judul udah keren:) trus brkrya

Leave A Reply

Your email address will not be published.