Kenali dan Cegah Virus Rubella

JURNALPOSMEDIA.COM – Akhir-akhir ini kita sering mendengar atau melihat di berbagai media, mulai dari koran, televisi dan juga internet mengenai Rubella atau campak Jerman, lalu apa itu?

Rubella atau campak Jerman itu merupakan penyakit menular di sebabkan oleh infeksi virus yang dapat menular melalui kontak dari cairan hidung dan tenggorokan, seperti batuk dan bersin. Bisa juga menular dari benda yang bersamaan tertular virus ini, misalnya makan dan minum di piring dan gelas yang sama.

Sejak awal Agustus 2017, Pemerintah Indonesia serentak melakukan imunisasi vaksin Measles Rubella (MR) diseluruh pulau Jawa, yang akan dilanjut ke seluruh wilayah Indonesia di tahun berikutnya, yang dibagi menjadi dua periode yaitu Agustus – September 2017 dan 2018, seperti yang dilansir dari news.okezone.com.

Virus ini dapat menyerang siapa saja, terutama pada anak-anak, remaja, dan termasuk dewasa juga bisa kena. Walaupun, virus ini tergolong ringan tetapi sangat berbahaya jika menular pada wanita yang sedang hamil, bahkan menyebabkan keguguran pada janin dan beresiko bayi lahir cacat bawaan. Sindrom Rubella Kongenital (CRS) ini menyebabkan kelainan pada jantung dan mata hingga keterlambatan dalam perkembangan bayi.

Namun, penyakit berbahaya ini dapat dicegah dengan memberikan vaksin MR pada anak usia dini, remaja maupun orang dewasa, tetapi tidak boleh diberikan pada wanita hamil. Cara mengatasi untuk perempuan hamil adalah diberikan vaksin saat 4 minggu sebelum hamil. Virus dapat dikenali dengan gejala sakit kepala/ pusing, flu, ruam pada kulit dengan bintik merah, demam, hilangnya nafsu makan, dan nyeri pada persendian.

Untuk mencegah pun tidak sulit, cukupdengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, mengatur pola makanan, banyak minum air putih, dan juga sebisa mungkin tidak berkontak fisik langsung dengan penderita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.