Akibat Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Tasikmalaya Diterjang Banjir

JURNALPOSMEDIA.COM – Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Tasikmalaya selatan menyebabkan beberapa lokasi diterjang banjir bandang. Salah satunya terjadi di Kampung Mekarsari RT 07 RW 06 Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Senin, (12/10/2020).

Menurut keterangan RW setempat, Kuswandi, banjir bandang terjadi pada pukul 05.00 WIB dengan kedalaman 3 meter dan terus mengalami kenaikan debit air seiring aliran sungai yang terus membesar, “Banjir bandang ini karena kiriman (luapan) dari sungai Leuwisari dan hujan deras di tempat lain”, ungkap Kuswandi.

Tercatat ada tujuh puluh anggota keluarga terkena dampak dari peristiwa ini. Terutama pemukiman yang berdekatan langsung dengan aliran sungai dan pesawahan. Tidak hanya itu, satu-satunya akses jalan menuju Desa Cikupa, untuk sementara ditutup dan tidak bisa dilewati. Kendaraan motor dan mobil yang ingin melintas juga terpaksa harus putar balik mencari alternatif lain.

Sambil menunggu datangnya tim Basarnas, warga bahu membahu membantu para pengendara motor yang ingin melintas dengan menggunakan rakit secara bergiliran, “Nanti bakal banyak warga yang jadi relawan buat bantu yang mau nyebrang”, tuturnya.

Kuswandi menambahkan, air yang membanjiri banyak gardu listrik mengakibatkan arus listrik di sebagian besar wilayah Kecamatan Karangnunggal mengalami pemadaman total.

Beruntung, tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini. Meski begitu, hektaran sawah serta kolam ikan milik warga yang jebol juga ikut terendam air. Kuswandi menyebut kerugian yang dialami warga belum dapat ditaksir jumlahnya, “Harapan kami, semoga pemerintah segera memperbaiki jalan Desa Cikupa dan Desa Cidadap agar tidak sering terkena banjir seperti ini”, pungkasnya.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.