Agenda “Ngopi” Ke-8 Kembali Evaluasi Foto Seri

JURNALPOSMEDIA.COM – Memasuki pekan ke delapan, diskusi Ngobrol Photography (Ngopi) Photosspeak kembali digelar di Gedung Student Center (SC) UIN Bandung, Rabu (11/04/2018). Diskusi kali ini kembali mengangkat topik ‘Evaluasi Pembahasan Foto Seri’ bersama Agvi Firdaus dari Antarafoto Jawa Barat.

Salah seorang calon anggota Photo’s Speak Rifqi Raynanda mempresentasikan foto seri berjudul ‘Pahlawan Kebersihan Kota Bandung’ yang menceritakan potret sosok Sariban seorang relawan kebersihan. Dalam evaluasinya Agvi menekankan apabila setiap fotografer memotret lebih melihat komposisi foto, ia menyarankan agar memotret di pagi hari karena hasil foto akan berbeda dan terlihat lebih bagus akibat faktor cahaya. “Sebenarnya kondisional, tergantung cuaca namun pagi hari akan terlihat lebih baik seperti golden hours,’ ungkapnya.

Selain Agvi, alumni Photosspeak Adi Maulana Ibrahim membagikan pengalaman serta tipsnya dalam membuat foto seri. Ia mengatakan dalam foto seri sebaiknya jangan melakukan pengulangan frame, buat foto yang unik, aneh, dan menarik. Sedangkan menurut Kepala Photosspeak 2017 Bagus Ahmad Rizaldi, memberikan saran untuk mengolah foto seri lebih ditekankan pada interaksi dengan objek, elemen objek harus paling mewakili.

Diskusi ditutup dengan menampilkan beberapa hasil karya foto lainnya, sedangkan untuk tema dalam diskusi ngopi pekan selanjutnya akan membahas mengenai photo story. Diisi oleh wartawan foto Pikiran Rakyat Arif Hidayah yang akrab disapa Danun.

Rekomendasi

1 Comment

Leave A Reply

Your email address will not be published.