5 Manfaat Mendaki Gunung untuk Kesehatan Tubuh

JURNALPOSMEDIA.COM— Menjaga tubuh tetap sehat merupakan kewajiban bagi setiap orang. Untuk mendapatkan tubuh tetap sehat, salah satu caranya adalah dengan rutin berolahraga. Namun, kebiasaan kebanyakan orang dan kesibukan mereka masing-masing menjadikan kewajibannya menjaga tubuh tetap sehat dengan cara berolahraga. Kegiatan tersebut  dapat dikatakan cenderung kurang bahkan tidak dilakukan sama sekali. Padahal, hal tersebut harus dilakukan minimal seminggu sekali, lho.

Kebanyakan orang merasa malas untuk berolahraga karena tidak sempat atau memang tidak membiasakan diri. Namun sebenarnya, banyak sekali cara seru untuk berolahraga, salah satunya adalah dengan mendaki gunung.

Selain termasuk kepada salah satu olahraga yang menyenangkan, mendaki gunung juga dapat melatih kekuatan mental dan fisik, serta mampu meningkatkan soft skill. Hal tersebut dilihat melalui karakter dan kepribadian selama mendaki dan melatih kemampuan diri dalam bersosialisasi dengan anggota kelompok pendakian atau dengan kelompok pendaki lain. Ternyata banyak sekali manfaat mendaki gunung. Berikut lima  manfaat mendaki gunung bagi kesehatan tubuh.

  1. Para pendaki bisa memiliki jantung dan paru-paru yang kuat jika sering mendaki

Dengan sering mendaki, kegiatan jantung dan paru-paru akan bekerja lebih keras. Terasa apabila sedang mendaki, kecepatan detak jantung akan lebih cepat dan nafas cenderung berat. Kedua hal tersebut akan menguatkan jantung dan paru-paru apabila mendaki sering dilakukan.

  1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Apabila barang sering dipakai akan menyebabkan barang tersebut cepat rusak, namun tidak dengan tubuh yang sering dipakai untuk mendaki gunung. Hal tersebut justru akan membuat tubuh semakin kuat dan meningkatkan stamina tubuh.

  1. Meningkatkan Pemahaman Seseorang

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh seorang direktur dari Cooper Venture Development Program, salah satu divisi dari Cooper Aerobic Center di Dallas, Amerika Serikat menyebutkan bahwa berolahraga termasuk mendaki ternyata mampu meningkatkan produksi hormon serotonin. Hormon serotonin sendiri berfungsi sebagai modulator kerja otak untuk menstabilkan emosi dan meningkatkan pemahaman. Sehingga dalam mendaki gunung, emosi akan lebih stabil dan pemahaman dalam mencerna sesuatu akan lebih meningkat.

  1. Mengurangi Tingkat Stres

Dengan bergerak dan mengeluarkan keringat ketika mendaki gunung, akan memberikan efek rileks pada tubuh sehingga mampu menghilangkan stres. Belum lagi apabila disuguhkan dengan pemandangan gunung yang menyejukkan mata dengan udaranya yang segar akan membuat nyaman sehingga stres pun berkurang.

  1. Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes merupakan suatu penyakit dimana tubuh tidak bisa menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) sehingga menyebabkan gula darah meningkat.

Menurut penelitian, aktivitas fisik dan makan teratur adalah cara terbaik untuk mengatasi diabetes. Mendaki gunung, mampu menjadi pengganti aktivitas fisik sebagai pencegah diabetes sehingga para pendaki cenderung bisa terhindar dari penyakit diabetes.

Nah, itu dia lima manfaat mendaki gunung sebagai cara alternatif olahraga seru. Namun, sebelum mendaki gunung, disarankan untuk olahraga kecil-kecilan seperti senam ringan atau running, ya! Supaya tubuh lebih ringan ketika mendaki. Jadi bagaimana, tertarik untuk mendaki gunung sembari menjaga tubuh untuk tetap sehat?

1 Comment

  1. Cume says

    Izin menambahkan, Memperkuat lutut yang leklok menjadi cangker dan jagjag waringkas 😀

Leave A Reply

Your email address will not be published.