Jurnalposmedia.com – Pemuda merupakan ujung tombak perubahan bangsa. Dilihat dari segi sejarah, pemuda merupakan golongan yang melakukan perubahan ke arah yang lebih baik demi kepentingan bangsa dan rakyat. Pemuda juga identik dengan sosok individu berusia produktif, revolusioner, optimis, berpikiran maju, memiliki moralitas dan berjiwa muda.

Melihat potret pemuda saat ini sangat jauh berbeda dengan pemuda zaman dulu. Potret mahasiswa saat ini adalah potret pemuda sekarang. Mahasiswa yang disebut sebagai “generasi muda” sudah jauh dari bayangan, hal ini dapat dilihat dari berbagai aktivitas mahasiswa yang banyak menghabiskan waktu untuk bersantai dan bersenang-senang.

Selain itu pemuda-pemuda sekarang lebih banyak mengkonsumsi gagasan dari pada memproduksi gagasan. Ini bukti kurang kritisnya pemuda saat ini dengan kondisi ekonomi, politik, dan sosial budaya Indonesia. Mereka hanya menerima informasi tapi tidak memberikanfeedback mengenai informasi tersebut.

Ada pendapat dari salah satu pemuda Indonesia, ia mengatakan bahwa, “Dalam setiap pergerakan di Indonesia itu tidak lepas dari peran seorang pemuda. Dengan memaknai hari sumpah pemuda ini, seorang pemuda itu harus bertekad bahwa apapun yang diperjuangkan tidak lepas dari kepentingan-kepentingan nasional sehingga pemuda harus berani melepaskan kepentingan pribadi, kelompok bahkan organisasinya. Serta harus lebih kritis terhadap kondisi Indonesia sekarang dengan cara terlibat dan berpartisipasi dalam politik karena seorang pemuda bisa menjadi kontrol sosial terhadap pemerintah, dan pemuda harus berkontribusi menyalurkan gagasan-gagasan mereka mengenai bagaimana Indonesia kedepannya.

Berbicara tentang pemuda mengingatkan kita pada sumpah pemuda. Sumpah pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada 28 Oktober 1928 Indonesia dilahirkan. Saat ini sudah 88 tahun peristiwa sumpah pemuda. 88 tahun itu bukan angka yang sedikit, lalu akan dibawa kemana negeri ini jika pemudanya akan tetap bermalas-malasan, jika pemudanya hanya akan menjadi konsumen gagasan, jika pemudanya hanya akan berdiam diri menerima semuanya dengan mudah. Sudah saatnya para pemuda sadar, bahwa pemuda adalah generasi penerus bangsa, engkau akan mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, buktikan bahwa engkau mampu berprestasi, engkau dapat membela rakyat yang tertindas dan engkau mampu membawa Indonesia yang lebih baik dan bermartabat.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.