22 Komunitas Imbau Masyarakat Peduli Lingkungan

JURNALPOSMEDIA.COM– Sebanyak 22 komunitas hadir berpartisipasi memperingati “Hari Air Sedunia” di Teras Cikapundung. Jalan Babakan Siliwangi, Kota Bandung. Acara tersebut merupakan upaya mengajak masyarakat untuk turut andil menjaga sungai dan peduli terhadap lingkungan, Sabtu (24/03/2018).

Acara yang diselenggarakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) tersebut, juga merupakan bentuk sosialisasi dengan cara menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya membuang sampah di sungai, yang dinilai dapat merusak alam dan lingkungan. Berdasarkan tema yang diangkat ‘Sakali Bersih Bersih Salilana’ yang mempunyai makna bahwa air adalah segala sumber kehidupan di muka bumi, sebagian besar terdiri dari air, namun apa yang terjadi jika air yang digunakan tersebut telah tercemar.

Menurut salah seorang yang tergabung dalam Komunitas Bobotoh (Boboco Community) Udan mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mencintai lingkungan agar tetap nyaman dan bersih, sehingga air yang kita gunakan layak dan sehat untuk dipakai. Selain itu, acara turut diramaikan  oleh sejumlah masyarakat bersama anggota komunitas dengan rangkaian kegiatan arung jeram sekaligus simulasi pemungutan sampah di aliran sungai Citarum.

“Semoga kedepannya dapat menjadi perubahan bagi masyarakat yang lebih baik yang bisa di jadikan contoh untuk sungai yang lain. Sehingga tetap terjaga dan lestari, kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk peduli bersama-sama agar membiasakan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga alam untuk tetap layak bagi kesehatan.” pungkas Udan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.