10 Makanan Khas Betawi yang Menggugah Selera

JURNALPOSMEDIA.COM – Nusantara memiliki beragam kuliner yang melegenda. Salah satunya kuliner kebanggaan suku asli Ibu Kota Jakarta, Betawi. Kuliner suku Betawi mempunyai sejarah yang dinamis karena makanan khas itu banyak dipengaruhi oleh budaya Cina, Eropa, hingga Arab.

Namun seiring berkembang pesatnya kota metropolitan, banyak makanan khas yang kini langka dijumpai. Adapun masakan Betawi biasanya ditemukan di acara tertentu yang diselenggarakan di Jakarta seperti pernikahan, Hari Raya Idul Fitri, pun Lebaran Betawi.

Berikut Jurnalposmedia menyuguhkan 10 makanan khas Betawi yang menggugah selera.

1. Roti Buaya
Roti Buaya (Sumber: traveltodayindonesia.com).

Siapa tak kenal dengan roti satu ini? Roti buaya adalah kue khas Betawi yang kerap dibawa ketika menyelenggarakan acara lamaran ataupun pernikahan. Roti buaya menjadi menu wajib yang perlu ada dalam acara-acara tertentu. Penamaan roti buaya lantaran bentuk roti yang dibuat serupa dengan hewan buaya. Jangan salah, di Jakarta terdapat banyak toko roti khusus yang menyediakan Roti Buaya.

2. Kerak Telor
makanan khas betawi
Kerak Telor (sumber: lagimakan.com)

Makanan khas Betawi satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga bahkan di lidah Anda. Bahan utama dari makanan ini adalah nasi yang dicampur dengan telur dan aneka bumbu lainnya. Telur dihadapkan pada panas arang hingga mirip kerak dan tampak agak gosong, lalu diberi bawang goreng dan serundeng, Uh! Lezat.

Makanan ini bisa Anda jumpai di Kota Tua Jakarta atau di festival seperti Pekan Raya Jakarta. Jika berkunjung ke tempat itu, jangan lupa mencicipi kelezatan makanan khas masyarakat Betawi ini, ya!

3. Gado-gado
Gado-gado (Sumber: kinov_ekananda/cookpad.com).

Gado-gado adalah makanan khas nusantara yang sudah mendunia. Bahkan, orang asing menyebut Gado-gado dengan sebutan “seladanya orang Indonesia”. Kuliner kebanggaan Indonesia ini berisi lontong atau ketupat, sayuran, kerupuk, dan bawang goreng. Bukan hanya di Jakarta, Gado-gado bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia.

4. Nasi Kebuli
Nasi Kebuli (Sumber: happyfresh.id).

Nasi Kebuli cukup populer di kalangan masyarakat Betawi keturunan Arab. Makanan yang satu ini mirip dengan nasi Biryani di Arab. Nasi yang diolah dengan beragam rempah-rempah ini beraroma dan bercita rasa gurih. Paling sedap jika dinikmati bersama asinan nanas.

5. Nasi Ulam
Nasi Ulam (Sumber: food.detik.com).

Nasi Ulam adalah makanan khas Betawi yang dipengaruhi budaya kuliner Cina. Biasanya, olahan Nasi Ulam menggunakan nasi pera yang disiram dengan semur kentang, semur tahu atau semur telur. Juga, ditambah cumi asin goreng, bihun goreng, irisan telur dadar, serta perkedel kentang. Nasi Ulam tambah nikmat jika ditambah daun kemangi, sambal, bawang goreng, serta taburan kacang tanah tumbuk.

6. Asinan Betawi
Asinan Betawi (Sumber: kamisromania/instagram).

Tidak hanya Bogor yang populer dengan asinannya, masyarakat Betawi juga mempunyai olahan asinan yang memiliki ciri khas tersendiri. Asinan Betawi ini berisi sayuran yang dihidangkan dengan kacang goreng, bumbu kacang, kerupuk, cabai, serta cuka. Inilah yang membedakan asinan Betawi dengan asinan lain, terutama yang ada di Jawa Barat.

7. Soto Betawi
Soto Betawi (Sumber: istockphoto/MielPhotos2008).

Makanan khas Betawi satu ini, juga cukup populer dan tidak sulit mencarinya. Pada dasarnya, soto Betawi tidak jauh berbeda dengan soto lainnya di Indonesia. Isi soto ini adalah aneka jeroan sapi. Bahkan, terkadang ada mata sapi, torpedo dan juga hati yang turut dicampurkan ke dalam soto. Sedangkan, kuahnya adalah campuran santan dan susu yang ditambah berbagai macam bumbu khas.

8. Laksa Betawi
Laksa Betawi (Sumber: haibunda.com).

Laksa adalah jenis makanan sepinggan yang berkuah. Laksa berisi bihun, telur, perkedel, daun kemangi, serta daun kucai. Kuliner yang dipengaruhi budaya Cina ini mempunyai cita rasa yang gurih serta manis.

9. Ketoprak
Ketoprak (Sumber: ketelanjakarta/instagram.com).

Ketoprak adalah santapan khas Betawi yang mungkin paling sering Anda jumpai. Hampir di setiap sudut jalan terdapat makanan satu ini. Ketoprak terbuat dari ketupat atau lontong yang digabungkan dengan bihun, taoge, serta tahu. Ketoprak Betawi yang lezat ini disiram serta diaduk dengan sambal kacang lalu ditaburi kerupuk.

10. Dodol Betawi
Dodol Betawi (Sumber: merdeka.com).

Terakhir, Dodol Betawi. Olah ini dibuat dari ketan, gula merah, gula pasir serta santan yang dimasak di atas tungku dengan bahan bakar kayu bakar. Rasanya yang lezat, tentu memiliki cita rasa tersendiri bagi masyarakat Betawi.

Nah, itu dia 10 makanan khas masyarakat Betawi yang mungkin sudah sering Anda lihat bahkan cicipi. Makanan khas Betawi dikenal memiliki rasa yang autentik dengan sentuhan bumbu rempah-rempah. Dari makanan di atas, mana saja yang menjadi favorit Anda?

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.