10 Istilah Film yang Wajib Kalian Tahu

Halo pecinta film! Banyak sekali isitilah di industri perfilman yang sering kita dengar atau disebut di berbagai media. Tapi kalian tau gak sih arti dari istilah-istilah film tersebut? Berikut rangkuman penjelasan beberapa istilah-istilah  film.

  1. BLOCKBUSTER

Awalnya blockbuster ini digunakan untuk film yang memperoleh pendapatan lebih dari 100 juta USD. Namun belakangan ini blockbuster digunakan untuk film yang dibuat dengan budget tinggi. Pemerannya pun para bintang terkenal dan  marketing filmnya sangat luas.

Contohnya yaitu film Avengers End Game, film ini menghabiskan biaya produksi yang sangat besar, yaitu 356 juta USD atau setara Rp. 4 triliun. Film ini dibintangi oleh artis-artis ternama seperti Robert Downy Jr, Chris Evans, Chris Hemsworth dan lainnya.

  1. BOX OFFICE

Box office ini awalnya memiliki beberapa arti. Box office adalah tempat penjualan tiket untuk masuk ke sebuah acara seperti pertunjukan seni, atau penayangan film yang biasa kita sebut loket. Arti yang kedua, box office ini dulu digunakan untuk pemutaran film yang sistem menontonnya dengan mengedarkan box kepada penonton sebagai bentuk donasi untuk pemutaran film tersebut.

Seiring berkembangnya waktu, Box Office yang sering kita dengar, yaitu film yang mendapatkan keuntungan melebihi biaya produksinya dalam jangka waktu hanya beberapa hari saja atau minggu pertama saja. Contoh film A Quiet Place , film yang dibintangi Emily blunt dan John Krasinski yang tayang pada tahun 2018 ini mengahabiskan biaya produksi sekitar 17 juta dolar, dalam pekan pertamanya. Film ini menghasilkan 50 juta dolar yang menjadikan film ini menempati box office teratas pada waktu itu.

  1. MOCKBUSTER

Istilah mockbuster ini berasalah dari kata “mock” yang artinya ejekan atau tiruan. Istilah mockbuster digunakan untuk film film yang sengaja dibuat untuk mendompleng popularitas film yang ditirunya. Kualitas dari film Mock buster ini terkenal buruk. Hal tersebut dikarenakan biaya produksinya yang digunakan tidak lebih dari 10% film yang ditirunya.

Biasanya judul bahkan poster film mockbuster ini tidak jauh dari judul film yang ditirunya. Contohnya yaitu film Iron Man 2008, dan tiruannya yaitu Metal Man 2009. Iron man 2008 menghabiskan 140 juta USD sedangkan metalman hanya 1 juta USD.

  1. SEKUEL

Sekuel yaitu istilah yang digunakan untuk film yang berceritakan masa setelah cerita pertama nya yang saling berkaitan, atau simplenya film yang bersambung. Contoh Narnia 1 2 3, Harry Potter 1-7, The Twilight Saga mulai dariTtwilight, New Moon, Eclipse sampai Breaking Dawn part 1 dan 2.

  1. PREKUEL

Prekuel ini yaitu kebalikan dari sekuel, yaitu istilah yg digunakan untuk film yang berceritakan masa sebelum cerita pertamanya yang saling berkaitan. Contoh yaitu film animasi Monster University pada tahun 2015 yang merupakan prekuel dari Monster inc 2001 yang menceritakan sejarah awal pertemanan anatara Mike wazowski dengan James Sulliva.

  1. SIDEKICK

Dari definisinya sidekick yaitu rekan, teman atau teman dekat, sekutu, sahabat dekat, atau bisa juga diartikan pasangan. Dalam dunia perfilman ‘sidekick’ sendiri merupakan istilah yang biasa digunakan di film superhero. Artinya yaitu sebutan untuk pahlawan pendamping  pahlawan utama. Sidekick yang paling popular yaitu Robin, yang merupakan pahlwan pendamping Batman. Ada juga Hit Girl yaitu sidekick dari Big Daddy, Groot sidekick dari rocket, dan Harleyquinn sidekick dari joker.

  1. REMAKE

Remake yaitu istilah yang digunakan untuk film yang dibuat ulang tanpa mengubah alur cerita dan karakter. Namun film remake ini tidak mengharuskan menggunakan judul yang sama seperti film sebelumnya. Tujuan dari film remake ini yaitu untuk bisa mengulang kembali kesuksekan yang dulu pernah diraih.

Contohnya ada film Indonesia yaitu Sweet20 tahun 2017 yang merupakan remake dari film Korea Selatan Miss Granny tahun 2014.

  1. REBOOT

Serupa tapi tak sama dengan remake. Istilah reboot ini yaitu penggarapan ulang film yang inti dari cerita film tersebut bisa berbeda dengan film sebelumnya. Namun tetap menggunakan karakter atau tokoh yang sama. Selain itu film ‘reboot’ ini diperankan oleh artis atau aktor yang berbeda dari film  sebelumnya. Contoh ada film The Amazing Spiderman yang  diperankan oleh Andrew Garfield. Film tersebut merupakan ‘reboot’ dari film Spiderman sebelumnya yang diperankan Tobey Maguire. Pada akhirnya The Amazing Spiderman pun di-‘reboot’ setelah sekuelnya yang kedua yaitu Spiderman Homecoming yang diperankan Tom Holland.

  1. SPIN-OFF

Spin-off merupakan istilah yang digunakan untuk sebuah film yang dibuat secara khusus untuk menceritakan suatu kejadian atau menceritakan sebuah ataupun seorang karakter. Biasanya karakter yang dibuatkan ‘spin-off’ yaitu karakter yang mencuri perhatian dan banyak digemari. Contoh ada film Birds of Prey Harleyquinn yang akan tayang tahun 2020. Film ini merupakan spinoff Harleyguinn setelah awal kemunculannya di film Suicide Squad 2016. Ada juga film ‘spin off’ Bumblebee 2018.

  1. CROSS-OVER

Cross-over yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk film yang mempertemukan beberapa karakter, yang sebelumnya karakter tersebut sudah terekenal di film lain. Contoh ada film Glass tahun 2019 yang mempertemukan 3 karakter , yaitu Elijah Price dan Davud Dunn di film Unbrakable 2000 dan karakter Kevin Wendell Crumb di film Split tahun 2016.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.